Sharing: Atasi Seal Shock Depan Yang Rembes Hanya Dengan Dua Ribu Rupiah

Konten [Tampil]



Assalamu’alaikum.
Seiring dengan masa pakai yang sudah menahun, tentunya akan semakin banyak keausan bahkan kerusakan pada sepeda motor yang kita tunggangi. Salah satunya adalah pada sistem handling yakni diantaranya adalah shock breaker depan. Kerusakan yang biasanya dialami pada shock depan adalah oli shock yang rembes bahkan mengalami kebocoran sangat parah (ditandai dengan seal shock yang sobek atau baret).

Ketika seal shock mengalami kebocoran, maka hal yang akan terjadi adalah oli dalam tabung shock akan berkurang, sehingga handling menjadi terganggu. Hal nyata yang dirasakan adalah sepeda motor menjadi tidak stabil, bahkan jarak bebas shock breaker depan akan menjadi lebih rendah dikarena  oli dalam tabung shock menjadi berkurang.

Oleh sebab itu perlu untuk merawat seal shock agar handling kita tetap nyaman. Kerusakan pada seal shock dapat dideteksi dengan indera pengelihatan. Hal itu dapat dilihat dengan adanya oli yang berada pada sekitar seal shock. Apabila kebocoran sudah sangat parah (ditandai dengan seal shock yang sobek atau baret) maka opsi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pergantian pada seal shock breaker disertai dengan pergantian olinya.

Akan tetapi apabila masih sebatas rembes pada seal shock breaker maka dapat dilakukan pertolongan pertama dengan cara melumuri sekitaran karet seal shock breaker dengan sabun colek yang biasa terdapat pada warung-warung seharga Rp. 2000an (maaf jika salah harga). Cara penggunaannya adalah dengan melumuri seal shock breaker dengan sabun colek, kemudian diamkan saja tanpa perlu dibilas (karena kita bukan tengah mencuci). Usahakan ketika telah dilumuri, diamkan sepeda motor sejenak (jangan langsung dipakai, idealnya tunggu selama satu malam).

Lumuri pada sekitar yang ditandai dengan tanda merah

Cara di atas terbukti ampuh untuk mengatasi shock breaker yang rembes. Hal tersebut dibuktikan pada tunggangan kami yang pernah rembes pada shock breaker-nya, serta pada sepeda motor teman kami yang kebetulan baru saja mengganti seal shock breaker (mungkin masih rembes karena menggunakan part KW, atau bahkan pemasangan dari bengkel yang kurang tepat).

Nah, mungkin ada dari sebagian pembaca yang akan menganggap cara ini adalah cara “Missqueen” (low budget). Bila beranggapan seperti itu, opsi yang kami tawarkan adalah dengan mengganti seal shock breaker dengan yang baru, akan tetapi usahakan melakukan pergantian pada bengkel speasialis shock breaker. Karena bila tidak, kemungkinan besar akan tetap terjadi rembes. Dan untuk kelas hedon, ketika terjadi rembes bisa melakukan pergantian pada unit set shock breaker depan.

Nah artikel ini kami cukupkan sekian. Akhir kata sampai jumpa dan semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum.

Baca juga:

Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel