Bahaya Jarang Ganti atau Membersihkan Filter Oli Mesin

Konten [Tampil]

Selamat datang kembali pada artikel kami. Kali ini pembahasan yang akan kami angkat adalah perawatan pada mesin kendaraan bermotor tepatnya sepeda motor. Salah satu hal yang mungkin jarang diperhatikan terlebih bagi para pengendara adalah pergantian filter oli atau saringan oli. 
Saringan oli sendiri berfungsi untuk menyaring oli yang nantinya akan disebarkan dari bagian blok kopling menuju saluran-saluran lain semisal pada saluran yang tertuju pada  piston. Filter oli sendiri tak semua kendaraan memakainya tetapi untuk kendaraan terutama sepeda motor keluaraan terbaru tentunya sudah dibekali dengan suatu fitur tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat kembali pedoman manual dari kendaraan yang kalian miliki atau boleh juga melakukan penjelajahan pada Google search untuk mengetahui apakah kendaraan kalian memiliki filter oli atau tidak.


Nah, filter oli sendiri memiliki beberapa macam, diantaranya adalah yang sekali pakai sehingga apabila telah mencapai masa pakai tertentu harus diganti dengan yang baru (biasanya filter oli berbahan kertas). Serta adapula yang masa pakainya tidak ditentukan, hanya saja dalam beberapa waktu perlu dibersihkan tetapi tidak perlu langsung diganti dengan yang baru (contohnya filter oli yang terbuat dari kawat).

Filter oli memiliki peranan penting untuk menjaga kualitas oli mesin. Mengapa? Karena pada bak kopling biasanya terjadi gesekan yang dilakukan oleh sistem transmisi. Banyak gesekan yang menghasilkan butiran logam, dan butiran logam tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada ruang bakar (misalnya piston dan ring piston) bila tidak difilter oleh filter oli. Pada gambar di bawah dapat dilihat apabila pada sistem transmisi (lawan kaki empat kopling) terdapat kerak yang dihasilkan karena pergesekan kampas kopling dengan plat kopling, kaki empat, serta lawan kaki empat.

Kerak pada lawan kaki empat



Kerak tersebut mengandung serpihan logam yang mana besar kemungkinan akan masuk ruang bakar. Namun sebelum menuju ruang bakar, serpihan logam tersebut akan menuju filter oli dan serpihan logam tersebut akan berada pada filter oli selama filter oli tersebut tidak dibersihkan maupun diganti. Apabila tidak dibersihkan maupun tidak diganti dalam kurun waktu tertentu maka besar kemungkinan serpihan logam tersebut akan menuju ruang bakar dan menyebabkan kerusakan pada ruang bakar.

Filter oli memiliki masa pakai, dan bila telah mencapai usia pakai maka harus dilakukan pembersihan maupun pergantian. Dan di sini kami mengambil contoh dari masa pakai filter oli sepeda motor Yamaha Byson yang kebetulan kemarin-kemarin telah kami lakukan beberapa perawatan kecil diantaranya adalah mengganti kampas kopling, menguras bak kopling, hingga melakukan pergantian filter oli.
Untuk jadwal perawatan filter oli dapat dilihat pada gambar berikut:

Jadwal perawatan filter oli Yamaha Byson


Gambar di atas didapat dari buku pedoman Yamaha Byson, dimana setiap 3000 Km sekali harus dilakukan pembersihan filter oli dan pada masa pakai 10.000 Km sekali harus dilakukan pergantian filter oli. Idealnya melakukan pembersihan maupun pergantian filter oli dilakukan bersamaan dengan pergantian oli mesin. Dan untuk kapasitas oli mesin sendiri apabila dilakukan perawatan pada filter oli maka oli ditambah sekitar 0,20 ml.

Lalu bagaimana caranya untuk mengganti atau membersihkan filter oli? Pada setiap kendaraan mungkin akan berbeda-beda. Namun di sini kami akan mengambil contoh dari  sepeda motor Yamaha Byson (bagi yang tidak mau repot silahkan melakukan perwatan filter oli pada bengkel resmi maupun bengkel biasa). 

Hal yang perlu dilakukan adalah:
1. Siapkan kunci T atau kunci shock ukuran 8 mm dengan kualitas bagus (minimal memiliki lisensi standar jepang, karena bila abal-abal beresiko terjadi rusaknya mata baut)
2. Tap oli (kuras oli mesin)
3. Buka baut pengikat filtrer oli dengan kunci T atau shock 8mm
4. Ganti filter oli atau bersihkan filter oli dengan menggunakan solar ataupun bensin
5. Pasang kembali filter oli
Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar berikut:

Langkah dalam pergantian filter oli pada Yamaha Byson


Nah itu dia artikel kami mengenai “Bahaya Jarang Ganti atau Membersihkan Filter Oli Mesin”. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel terkait:

Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel