Sharing: Tutorial Mengganti Kampas Kopling Yamaha Byson



Ilustrasi kampas kopling untuk Yamaha Byson. Sumber: otoinfo.id



Data dari odometer telah menunjukan bahwa jarak tempuh kebo sudah mencapai 23.xxx Km. Tenaga masih oke, kendati dalam RPM tinggi sering terjadi slip kopling. Iseng browsing sana-sini dan akhirnya kami putuskan untuk mengganti kampas kopling Yamaha Byson.


Byson yang kami pakai sebetulnya sudah mau berumur 5 tahun, akan tetapi karena jarang digunakan maka jarak tempuh pun masih dikisaran 23 Km. Dan setelah mencari referensi akhirnya didapatlah info bahwa masa pakai kampas kopling idealnya berada di angka 24 Km.

Berbekal pengalaman dari masa sekolah yang mengambil jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) akhirnya kami memutuskan untuk mengganti kampas di rumah dan tanpa bantuan bengkel. Hal pertama yang kami perhatikan adalah kampas kopling baru, mengingat harga kampas kopling Yamaha Byson cukup mencekik (sekitar Rp. 200.000an dan setara dengan kampas kopling racing merk T#R). Setelah menerima beberapa masukan akhirnya kami pilih untuk membeli secara online  kampas kopling aftermarket racing seharga Rp. 80.000 (plus ongkir) serta kunci T berstandar lisensi Jepang berukuran 8 mm serta 10 mm seharaga total Rp. 44.000 (plus ongkir). Jadi total biaya belanja adalah Rp. 124.000.

Sebetulnya kampas kopling Byson bisa menggunakan kanibalan dari kampas kopling Yamaha Scorpio, akan tetapi karena ketika belanja online ternyata banyak barang Aspal (asli tapi palsu, satu set seharga Rp. 50.000) akhirnya kami memilih kampas kopling aftermarket racing new entry (sekalian uji sensasi). Kemudian alasan kami membeli kunci T standart Jepang adalah karena kepala baut pada blok kopling Yamaha Byson cukup lunak, sehingga ketika kami menggunakan kunci Y tanpa lisensi hasilnya adalah kepala baut menjadi dol atau slek.

Singkat cerita ketika barang-barang sudah sampai, lanjutlah kami untuk melakukan pergantian kampas kopling. Peralatan dan perlengkapan yang kami gunakan adalah:
  •  Kunci T 8 mm dan 10 mm (boleh menggunakan kunci shock plus impact asal jangan menggunakan kunci ring atau pas karena kemungkinan torsi akan tidak sesuai)
  •  Kunci Ring 10 mm yang akan digunakan untuk penyetelan gerak bebas kopling
  • Kunci Pas 10 mm yang akan digunakan untuk menyetel gerak bebas kabel kopling
  •  Kunci Ring atau Shock ukuran 17 mm untuk membuka baut tap oli mesin
  •  Kunci 19 mm untuk membuka baut engkol atau selahan
  •  Tang untuk membuka tutup oli pada bak kopling
  •  Obeng plus  yang akan digunakan untuk penyetelan gerak bebas kopling
  •  Majun atau kain lap
  • Nampan untuk tap/ kuras oli mesin
  • Serta solar/ bensin untuk membersihkan bak kopling, lawan kaki 4, kaki 4, serta plat kopling dan per kopling
Langkah dalam mengganti kampas kopling yang dilakukan juga terbilang mudah, langkah-langkah tersebut diantaranya meliputi:
  • Posisikan Yamaha Byson pada standart tengah/ dua/ bisa juga menggunakan paddock
  • Tap oli dengan menggunakan kunci Ring atau Shock ukuran 17 mm (sediakan nampan pada bagian bawah lubang pembuangan oli untuk menampung oli bekas
  • Buka tutup oli pada blok kopling menggunakan tang
  • Kemudian lepaskan selahan atau engkol dengan cara membuka baut pengunci berukuran 19 mm dengan kunci ring atau shock. Caranya adalah dengan membiarkan footstep terbuka dan biarkan footstep menahan engkol (Gunakan kunci ring, kunci T/ kunci shock yang berkualitas agar kepala baut tidak slek)
  • Kemudian gunakan kunci T 8 mm untuk membuka blok kopling (buka baut yang hanya ada dipinggir blok kopling)
  • Setelah blok kopling terbuka, ambil kunci T 10 mm dan buka per/ pegas kopling (hanya 4 buah, biarkan mur 10 mm yang ditengah. Akan tetapi bila sulit untuk membuka lawan kaki empat maka mur tersebut boleh dibuka dengan cara memasukan terlebih dahulu gigi pada posisi gigi satu kemudian gunakan kunci T 10 mm untuk membuka mur tersebut)
  • Setelah itu periksa kampas kopling, plat kopling, lawan kaki 4 serta kaki 4nya apakah terdapat keausan/ kerusakan
  • Bila yang aus hanya kampas kopling maka gantilah kampas kopling (boleh ganti semua atau hanya yang aus saja)
  • Kemudian bersihkan plat kopling, kaki empat dan lawan kaki 4, serta blok kopling menggunakan solar atau bensin
  • Setelah dirasa cukup bersih, maka tahap selanjutnya adalah memasang kampas kopling (Dalam kampas kopling terdapat satu sisi yang memiliki suatu kode berupa huruf dan angka, sedangkan sisi lainnya tidak ada. Sisi yang memiliki kode dipasang dengan menghadap kaki 4 atau menghadap ke dalam).
  • Pasang kampas kopling, kemudian plat kopling, kemudian kampas kopling dst (Usahakan kode pada sisi kampas kopling dipasang secara sejajar dan tidak berhadapan)
  • Setelah selesai pasangkan kembali lawan kaki empat serta per/ pegas kopling. Stelan yang kami gunakan adalah ketika ring pada pegas kopling sejajar dengan permukaan lawan kaki 4
  • Setelah itu stelkan gerak bebas kopling dengan cara menyetelkan mur menggunakan obeng plus (bila tadi tidak dibuka maka lewati saja)
  • Cek gerak bebas kopling dengan cara masukan gigi dan putar roda belakang kemudian tekan tuas kopling pada stang. Apabila ketika tuas ditekan laju roda bebas dan ketika tuas kopling dilepas laju roda memiliki beban, itu artinya gerak bebas kopling sudah normal. Akan tetapi apabila gerak roda menjadi bebas ketika tuas koplinng dilepas itu artinya gerak bebas kopling perlu distel ulang lewat mur tadi
  • Stelah beres, tutup kembali baut tap oli, kemudian pang blok kopling seperti sedia kala
  • Setelah itu masukan oli pada blok mesin dan pasang tutup oli pada blok kopling
  • Kemudian nyalakan sepeda motor serta stelkan gerak bebas kabel kopling menggunakan kunci pas 10 mm.
  • Selesai

Nah itu dia artikel kami mengenai “Sharing: Tutorial Mengganti Kampas Kopling Yamaha Byson”. Kami akhiri artikel ini, sampai jumpa lagi dan semoga bermanfaat.

Baca juga:

Belum ada Komentar untuk "Sharing: Tutorial Mengganti Kampas Kopling Yamaha Byson"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan, dan dilarang menyematkan link aktif pada komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel