Smartphone Kamu Lemot? Bisa Jadi Ini Biang Keladinya!

Konten [Tampil]
Ah, di era milea eh milenia ini siapa sih yang tidak memiliki smartphone khususnya smartphone dengan platform Android? Yups, android merupakan suatu sistem operasional yang ditanamkan pada suatu smartphone. Sejatinya masih banyak sistem operasional yang lain semisal window, apple, blackbarry, hingga symbian. Namun, kami rasa saat ini hanya android yang merajai pasar smarphone khususnya di Indonesia.
Ilustrasi Smartphone

Smartphone boleh jadi merupakan suatu kebutuhan primer bagi sebagian orang. Hal ini tentunya karena posisi smartphone yang mulai dibutuhkan dalam aktivitas keseharian. Sebagai alat komunikasi dan akses dunia yang relatif simpel, kami rasa wajar bila telepon pintar ini menjadi teman terdekat kita.

Karena seringnya smartphone digunakan, pernahkah diantara kalian merasa jika smartphone bermaslah? salah satu masalah yang dihadapi adalah lemot? (disamping baterai yang sering kembung dan boros).

Lemot atau lambat dalam bahasa baku, adalah situasi dimana sistem pada smartphone terbebani karena hardware tidak mampu menandingi aktivitas software. Hal itu akan sering terjadi apabila spesifikasi dari smrtphone rendah dan software atau aplikasi yang dipasang memiliki sistem operasi yang tinggi.

Baca juga:
Hoax dan Ujaran Kebencian? Ladang Emas Yang Terpendam!

Tidak maukan terjadi hal seperti itu? Setidaknya walau tidak menghilangkan lemot secara total, namun dengan mentiadakan aplikasi-aplikasi sebagai berikut di smartphone, akan lebih mengoptimalkan kinerja smartphone kita loh! Ingin tahu aplikasi apa saja yang bisa menjadi biang keladi dari lemotnya smartphone kita? Cek yuk daftarnya di bawah ini!


5. Instagram
Ilustrasi Logo Instagram

Hayo siapa yang sering instagram-an? Rasanya akhir-akhir ini instagram menjadi aplikasi yang paling populer. Tidak dapat dibantah bahwa kemudahaan dalam share dan mencari video singkat serta  berkomunikasi memlalui intagram menjadi faktor aplikasi yang dinaungi oleh Facebook Corp., ini menjadi sangat populer belakangan ini. Namun, kesuksesan tersebut harus dibayar dengan ganasnya aplikasi pada smartphone kita. Instagram merupakan salah satu faktor terkurasnya RAM smartphone kita. Maka saran kami adalah matikan aplikasi ini melalui pengaturan jika aplikasi ini tidak akan dibuka dalam waktu yang lama.

4. Google Play Service
Ilustrasi Google Play Service

Masuk pada posisi ke empat, salah satu aplikasi yang bisa menjadi faktor mengapa smartphone kita lemot adalah aplikasi google play service. Google play service merupakan aplikasi yang boleh jadi sangat memakan memori serta RAM. Maka dari itu, kami sarankan untuk secara berkala menghapus data maupun cookies dari google play service melalui pengaturan aplikasi. Ingat untuk tidak mencopot aplikasi ini, karena jika demikian , maka kemungkinana besar aplikasi empunya yakni google play store akan mengalami error.

INI VIRAL LOH:

3. Youtube

Ilustrasi Youtube

Masuk pada posisi tiga, kali ini youtube bisa jadi merupakan alasan dibalik lemotnya smartphone kita. Ya! Situs video ini merupakan situs berbagi video terbesar di dunia. Maka tak heran bila Youtube mengeluarkan aplikasiinya untuk smartphone sebagai jalan untuk mempermudah penggunaanya (mempermudah menghabiskan kuota maksudnya). Sering menonton video dengan kualitas tinggi? serta sering menyimpan video secara offline? Hmm, sudah! tobat sekarang juga!

2. BBM
Ilustrasi BBM


BBM atau yang lebih sering dikenal sebagai bahan bakar minyak merupakan produk pokok yang diproduksi oleh Pertamina. Namun, BBM yang dimaksud disini adalah BBM yang akan  membuat kita nostalgia. Mengapa demikian? Hal itu lantaran kami yakini pembaca pasti pernah menggunakan atau masih menggunakan aplikasi satu ini. Sempat menjadi rajanya smartphone pada satu dekade terakhir, akhirnya smartphone dengan OS Blackbarry harus bertekuk lutut pada OS android. Satu-satunya yang tersisa dari kedigjayaan Blackbarry adalah smartphone bekasnya yang sering kita jumpai di forum jual beli hape bekas dengan harga 300-an Rupiah serta aplikasi pesan singkatnya yang bernama Blackbarry massanger atau BBM. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang boleh jadi sangat menguras RAM serta memori aplikasi. Hal ini tak ayal menjadi celah pudarnya masa keemasan dari aplikasi ini. Aplikasi yang kini diakuisisi oleh perusaaan Indonesia ini merupakan aplikasi yang kami rekomendasikan untuk dicopot atau setidaknya jagan dibuka. Hal ini mengingat sangat signifikan sekali RAM serta memori yang digunakan.

1. Facebook
Ilustrasi Facebook
 Masuk pada posisi pertama aplikasi yang bisa jadi menjadi biang keladi lemotnya smartphone kita adalah facebook. Baik dalam versi aplikasi massanger maupun lite. Aplikasi yang didominasi oleh warna biru ini memang masih menjadi favorit oleh para penggunaanya. Namun perlu diperhatikan pula bahwa aplikasi ini memiliki kerentanan terhadap pengurasaan kapasitas RAM serta memori.
 Saran kami adalah dengan memasang salah satu aplikasi saja, yakni Facebook Lite. Adapaun untuk lebih mantapnya buka facebook via browser smartphone saja.


Nah itu dia aplikasi-aplikasi yang boleh jadi merupakan penyebab lemotnya smartphone kita. Artikel ini kami selesaikan disini saja, jangan lupa untuk berlangganan atau membagi artikel ini biole bermanfaat. Akhir kata sampai jumpa.
Semoga bermanfaat!

Baca juga: (2019) Cara Aktivasi Paket 3 Tri Murah 2.5GB Rp.2000 Terbaru

Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel