Tips Mengoptimalkan Kinerja Laptop Atau Komputer (Dilengkapi Gambar)

Konten [Tampil]

Selain smartphone, tahukah Anda apabila komputer maupun laptop merupakan alat di era milenial yang sering digunakan di jagat bumi ini? Ya! Komputer atau laptop sekarang merupakan mesin yang berguna dan banyak dimanfaatkan untuk keperluan kantor, belajar, maupun bermain game.

Akan tetapi laptop atau komputer memiliki suatu kelemahan. Diantarnya selain cepat rusak, laptop dan komputer juga sering kali memiliki kinerja yang sangat lambat dalam beberapa momen. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bukan? terlebih apabila tengah dead line karena kita sering malas-malasan *Ups.

Nah, berhubung acap kali kami menemukan komputer dan laptop yang lambat (saking lambatnya, si empu sampai terbiasa). Maka disni kami akan mencoba memaparkan tips-tips mengoptimalkan kinerja laptop atau komputer. Jangan lupa sebelum masuk pembahasan, silahkan pembaca untuk pasang iklan jualan bila ingin menambah jangkauan produk, maupun ihat-lihat katalog barang.
Perlu diingat bahwa laptop dan komputer wajib dipelihara, ini artinya tips-tips berikut bukan suatu langkah yang dilakukan satu kali, akan tetapi dilakukan berulang kali. Nah, langsung saja yuk kita bahas! Pada pembahasan kali ini akan kita contohkan mengoptimalkan kinerja laptop ASUS dengan sistem operasional Window 8.1.
Bila pembaca memiliki spesifikasi laptop atau komputer yang berbeda dan dengan sistem operasional yang berbeda maka lihat-lihat saja dulu karena sejatinya antara komputer satu dengan yang lain serta antara sistem operasional satu dan yang lain tidaklah begitu berbeda, hanya ada beberapa fitur saja yang letaknya berbeda.

1. Optimalkan RAM
Ilustrasi gambar OS window 8.1 beserta spesifikasi laptop


Bagaimana cara mengoptimalkannya? apakah dengan cara membersihkan  RAM seperti halnya rekomendasi-rekomendasi software pembersih RAM? jawabannya adalah TIDAK!
Jujur saja, kami sendiri tidak menggunakan perangkat lunak untuk membersihkan RAM dikarenakan masih belum mendapatkan hasil yang optimal dan cenderung memperlambat kinerja laptop (dikarenakan terbukti beberapa aplikasi pembersih RAM terindikasi merupakan virus).
Mengoptimalkan RAM yang dimaksud adalah menggunakan sebaik-baiknya kapasitas RAM. Sebagai contoh, laptop yang digunakan memiliki kapasitas RAM 2 gb dan dipergunakan sebanyak 1, 89 gb. Angka 1, 89 gb tersebut merupakan angka yang maksimal, mengingat itulah opsi maksimal dalam penggunaan kapsitas RAM.

Lalu, bagaimana cara set kapasitas RAM agar mendekati kpasitas yang dikeluarkan oleh pabrikan? Caranya adalah dengan masuk ke sistem bios. Beberapa jenis laptop atau komputer mungkin memiliki cara tersendiri dalam memasuki bios.

Adapun untuk masuk bios di Laptop Asus adalah dengan:

Baca juga: Tutorial Sederhana Untuk Edit Jersey PES 2016/ 2017
  • Mematikan Laptop melalui tombol on/ off (bukan dari sistem)
  • Tunggu beberapa detik, lalu tekan dan tahan  F2 pada keyboard dibarengi dengan tombol on
  • Setelah itu akan muncul tampilan bios sebagai berikut:

Tampilan bios (maaf atas ketidak nyamanan dalam melihat gambar)


  • Setelah masuk bios, menggunakan tombol arah dari keyboard, masuk ke menu Advanced lalu tekan Enter pada keyboard
  • Setelah itu akan muncul pilihan sebagai berikut:
 

  • Pilihlah Graphics Configuration dan nanti kan muncul lagi pilihan sebagai berikut:


  • Di sana terlihat pilihan untuk memilih besaran memori dari RAM yang akan dibagi dengan VRAM (VRAM berpengaruh terhadap kualitas grafis suatu program). Semakin besar yang digunakan maka semakin besar pula memori RAM yang akan dipangkas. Saran kami gunakan VRAM terkecil jika laptop pembaca tidak digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan VRAM berkapasitas besar (misalnya game PES 2017). Namun sekalipun PES 2017 butuh VRAM besar, hal tersbut bisa diatasi dengan penggunaan mod atau patch.

  •  Setelah itu save dan exit 

 2. Atur visual efek
Visual efek berfungsi memberikan efek pada huruf-huruf maupun ikon-ikon di laptop kita. contohnya tulisan-tulisan pada menu. Tahukah pembaca bahwa visual efek berpengaruh terhadap kinerja laptop pembaca? Ringkasnya, semakin tinggi efek yang digunakan maka semakin berat kinerja laptop untuk menampilkan huruf atau ikon yang memiliki efek tinggi.
Bagaimana cara mengaturnya? caranya adalah dengan masuk pada menu Advanced System Setting.
Langkah jelasnya adalah sebagai berikut:
  • Geser kursor ke pojok kanan bawah bagi pengguna window 8, bagi window lain tinggal sesuaikan untuk menuju PC info
  • Masuk menu setting  lalu akan muncul pilihan sebagai berikut:

  •  Masuk pada PC Info maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
  •  Lanjut, pilihlah Advanced System Setting lalu muncul pilahan dan pilih advanced


  •  Hasilnya akan muncul perintah setting baru dan sesuaikan sebagai berikut:

  • Pada pengaturan yang lebih ekstrim pembaca dapat memilih pilihan adjust for best performance, akan tetapi hal itu tidak kami rekomendasikan karena tampilan yang didapat akan sangat buruk. Setelah itu klik Ok.
3. Defrag Hard Disk
Kegiatan berikut merupakan kegiatan yang terbukti ampuh untuk meningkatkan kemampuan laptop atau komputer. Tidak perlu menggunakan software! Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel