Pasang Rantai Dengan Stelan Kencang, Ngeri BOSSS!

Konten [Tampil]



Asalamu’alaikum.
Teringat kala sepeda motor yang tengah dipesan akhirnya datang, kala itu semua part masih original dan semua stelan masih bawaan dari diler. Satu hal yang sangat diingat adalah stelan rantai yang distel dalam keadaan kencang, sehingga gerak bebas sangat terbatas. Dalam hati bergumang “mungkin ini memang stelan standart dari pabrik”. Kala itu buku pedoman masih belum sampai (mengingat STNK  dan Plat nomor pun belum sampai), dan motor sesekali dipakai untuk berkendara.


Dan tiba saatnya servis pertama pada diler resmi, dan hasilnya ternyata rantai masih diset dengan cukup kencang sehingga terlihat cukup tegang. Karena kepolosan kami waktu itu, akhirnya stelan seperti itu kami gunakan untuk sehari-hari. Namun ketika beberapa waktu stelan rantai, kami set dengan kekencangan yang longgar, efeknya ketika perpindahan gigi, sepeda motor jadi sering bergetar. Karena merasa kurang nyaman dengan stelan kendor, akihirnya kami kembali set rantai dengan stelan kencang.

Sebetulnya kami sempat berfikir bahwa apakah rantai akan baik-baik saja dengan stelan kencang? Dan telah terbukti selama menempuh jarak 23.xxx Km ternyata rantai dan gir belakang masih cukup baik (tidak aus dan tidak bengkok). Namun ketika iseng-iseng membersihkan gir depan ternyata hasilnya sangat miris. Ketika gir diset dengan kencang ternyata efeknya tidak mutlak ada pada rantai maupun gir belakang, ternyata gir depan pun mengalami efek yang boleh dibilang cukup parah.

Dapat dilihat pada gambar dibawah bahwa mata gir depan mengalami kebengkokan yang cukup parah. Kendati tidak begitu aus, namun ternyata mata gir menjadi bengkok atau terdapat cekungan yang tidak normal.
Gir depan yang mengalami bengkok pad mata girnya.




Lepas dari hal tersebut akhirnya rantai diset kembali pada stelan yang tidak begitu kencang maupun kendor. Usut punya usut ternyata idealnya rantai sepeda motor memiliki jarak bebas diantara sekitar 1 - 2 inchi. Nah, beruntungnya dalam kejadian di atas, rantai memiliki kualitas baik sehingga tidak putus di jalan. Dan untuk para pembaca yang baru menerima sepeda motor barunya, silahkan cek kembali stelan rantainya agar sepeda motor memiliki performa yang ideal. Jangan sampai kejadian seperti kami menimpa kalian ya hehe.

Nah artikel singkat ini kami cukupkan sekian, akhir kata sampai jumpa dan semoga bermanfaat.
Wasalamu'alaikum

Baca juga:
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel