Bahaya Menggunakan Bandul Guard (ProGuard/ Hand Guard/ Lever Guard) Pada Stang Sepeda Motor
Ilustrasi |
Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami,
kali ini kami akan membahas mengenai “Bahaya
Menggunakan Bandul Guard (ProGuard/ Hand Guard/ Lever Guard) Pada Stang Sepeda Motor”. Artikel ini
kami tulis berdasarkan hasil pengalaman kami beberapa waktu lalu.
Singkat cerita ketika kami
mencoba pulang menuju rumah, hujan deras beserta angin muncul dan mengiringi
perjalanan pulang kami. Mengingat tidak ada tempat yang relatif kondusif, akhirnya
kami putuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan kecepatan sekitar 20-30 Km/
jam (jalanan cukup padat dan tergenang). Tibalah kami disekitar kawasan SMKN 4 Padalarang Kabupaten
Bandung Barat. Tepat di dapat kawasan tersebut, angin muncul dan merobohkan
baliho salah satu calon legislatif (di kawasan tersebut cukup banyak baliho
caleg). Apesnya, kain baliho tersebut menerpa motor kami (menuju bagian headlamp, helm, dan berakhir menyangkut
pada stang). Apes, bandul variasi yang bertujuan untuk gaya-gayaan (Gp Look) dan sefty ternyata hampir membuat celaka. Untungnya secara reflek kami
sempat rem kendaraan kami dan secara reflek kami lepas kain baliho yang menyangkut
pada sepeda motor kami.
Sesaat, kami sempat bergunam
dalam hati mengapa para simpatisan atau para pesuruh bayaran caleg mendirikan
baliho tanpa perhitungan yang matang? Namun tak lama kami pun sadar, bisa
selamat dan menulis artikel ini pun sudah Alhamdulillah.
Sebetulnya bandul guard memiliki
fungsi untuk melindungi bagian ujung rem serta bagian telapak atau jari tangan.
Selain itu, bandul dengan model seperti ini juga berfungsi menangkal para
orang-orang jahil yang coba jahil dengan menekan tuas rem pada saat kita tengah
berkendara (ini serius memang sering terjadi hal seperti ini, terlebih bagi kita
yang memiliki teman sedikit jahat hiperaktif serta teman menyerupai begal).
Namun kendati memiliki kegunaan,
saran kami gunakan bandul model ini hanya pada bagian kanan atau pas tuas rem,
karena kebetulan bagian itulah yang vital (beberapa motor balappun
mengaplikasikan pada bagian stang kanan). Selain itu saat kami tersangkut
balihopun, bandul yang tersangkut adalah bandul bagian kiri atau bandul pada
panel tuas kopling.
Nah, selain menggunakan pada
bagian kanan saja, perhatikan pula bahannya, kami rekomendasikan untuk
menggunakan yang semi plastik atau semi CNC, jadi tidak sepenuhnya berbahan
CNC, atau alumunium, atau bahkan besi. Hal itu bertujuan agar ketika tengah
tersangkut, bandul yang tersangkut mampu patah agar stang tidak saling tarik
menarik dengan baliho (ini kalau tersangkut baliho yah hihi).
Beberapa orang memilih
menggunakan yang berbahan CNC secara penuh karena dinilai kuat, dan lebih aman
serta mampu meredam getaran pada stang (kendati dengan yang semi CNC pun
getaran masih bisa diredam). Namun perlu
diingat suatu kondisi seperti kronologi kami, bila bahan CNC tersebut terlalu
kuat maka ditakutkan malah akan membuat baliho dan bandul saring menarik dan
berakibat pada motor yang terpelanting (baliho ukuran sekitar 10 x 5 meter saat terkena angin cukup ngeri loh
tenaganya). Nah selain itu kami sarankan untuk selalu berhati-hati dalam
berkendara terlebih dalam cuaca buruk.
Nah artikel ini kami cukupkan
sampai sekian. Akhirkata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Baca Juga: