Atasi Rantai Sepeda Motor Yang Kaku
Ilustrasi Rantai Sepeda Motor |
Assalamu'alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas menganai "Atasi Rantai Sepeda Motor Yang Kaku". Mungkin bagi yang telah menggunakan rantai dengan fitur O ring atau X ring sering mengalami hal rantai yang sering kaku. Hal tersebut wajar terlebih apabila rantai kurang dirawat. Kaku pada rantai diakibatkan karena O ring atau X ring pada rantai yang terbuat dari karet kurang terlumasi sehingga mengakibatkan karet yang tugasnya meredam getaran malah menjadi penghabat gerakan dari mata rantai.
Letak dari O ring atau X ring sendiri berada pada setiap sisi mata gir. Ketika kaku, kemungkinan besar adalah debu serta kotoran telah menjadi kerak pada celah atau bahkan pada karet O ring atau X ring pada rantai. Dan untuk menormalkannya kembali tidak cukup hanya dengan melumuri pelumas mesin maupun pelumas khusus rantai sepeda motor.
Hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan setiap karet yang terdapat pada O ring atau X ring mata rantai. Ingat jangan memotong setiap karet O ring atau X ring, Karena walaupun dapat membuat rantai tidak kaku, namun dapat memperpendek masa pakai, selain itu bila dipotong setiap karetnya malah akan membuat berisik. Cara yang bijak dan bertanggung jawab adalah dengan merawatnya sedikit.
Baiklah, hal yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat tempur untuk menyembuhkan rantai kaku yang terbukti menurunkan akselerasi. Alat dan bahan yang digunakan adalah:
1. Solar secukupnya (boleh dengan bensi atau bahan kimia lain yang bersifat membersihkan kerak).
2. Majun atau lap.
3. Pelumas rantai.
Langkah yang dilakukan sebetulnya mudah, tanpa ditutorialkan pun kami rasa pembaca sudah lebih jago dan paham dari kami. Namun untuk semakin menambah referensi maka kami akan mencoba menuturkan langkah kerja yang dilakukan:
- Pertama kita posisikan sepeda motor kita pada posisi standart dua atau pada paddock.
- Kedua gunakan majun atau kain lap untuk membersihkan rantai, majun tersebut harus dilumuri atau dicelupkan pada solar (ini digunakan bila kita tidak melepasa rantai dan kita membersihkan dengan keadaan rantai masih pada sepeda motor).
- Bersihkan dengan cara memegangi rantai dengan lap atau majun yang telah dilumuri solar tadi. Kemudian putar roda belakang dengan keadaan kita masih memegangi rantai dengan lap (hati-hati terkena gir).
- Setelah itu lumuri rantai dengan solar pada bagian atas serta samping dengan merata, setelah itu biarkan kering dan beri pelumas.
Sebetulnya ada cara lain yakni dengan merendam rantai tersebut pada solar selama beberapa jam, namun hal tersebut dilakukan apabila rantai kaku dengan sangat parah. Nah bila kaku masih dianggap wajar maka cukup gunakan cara di atas, akan tetapi bila ingin merendam dengan solar juga tidak apa-apa asalkan kita memiliki waktu saja yang lebih untuk membongkar rantai.
Penggunaan rantai dengan O ring atau X ring memang sejatinya membuat usia pakai rantai menjadi lebih lama dan tentu lebih adem karena getaran dan bebunyian akan sedikit teredam. Namun segala kelebihan tersebut tentu harus dibayar juga dengan perawatan tambahan.
Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, Akhirkata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu'alaikum.
Baca Juga: