Tips Mengoptimalkan Kinerja Laptop Atau Komputer (Dilengkapi Gambar) Part 2

Konten [Tampil]
3. Defrag Hard Disk
Kegiatan berikut merupakan kegiatan yang terbukti ampuh untuk meningkatkan kemampuan laptop atau komputer. Tidak perlu menggunakan software! Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
  • Masuk Control Panel kemudian klik pada System and Security

  • Lalu cari Administrative Tools lalu pilih Defragment and Optimize your drives


  •  Setelah itu akan muncul perintah sebagai berikut:
  •  Pilih drive mana yang akan di defrag, akan tetapi kami menyarankan untuk men-defrag drive yang merupakan tempat sistem di install. Umumnya berada di drive C. Setelah itu lakukan Analize dan setelah selesai (mencapai 100%) lakukan Optimize. Lakukan hal tersebut kepada setiap drive dan ingat lakukan secara bergantian agar tidak membebani kinerja laptop atau komputer.

4. Beri ruang yang cukup untuk Hard Disk
Hard Disk merupakan suatu memori yang bertugas menyimpan berkas-berkas yang ada di laptop atau komputer. Semakin penuh kapasitasnya maka semakin terbebani kinerjanya, terlebih bila yang terbebani adalah drive C. Perlu diingat bahwa ada beberapa aplikasi yang membutuhkan ruang yang cukup semisal perlu ruang kosong 30 gb atau 10 gb dsb.

Sebagai saran, kami menyarankan agar drive C memiliki kapasitas kosong di antara 40-60 gb. Jangan membebani drive C apalagi sampai penuh, hal itu sangan tidak elok dan tidak dianjurkan. Hapuslah berkas yang tidak terpakai, dan simpan di drive D atau boleh juga back up di CD R/ RW.

5. Setting Baterai pada High performance
Umumnya ada 3 setting untuk baterai. Yakni Power Saver, Balance dan High performance.
Power Saver berfokus pada menjaga daya baterai sedangkan high performance bertugas untuk memaksimalkan kinerja laptop atau komputer, dan balance berada diantara keduanya.
Penggunaan High Performance memiliki kelemahaan yakni baterai yang akan cepat habis. Akan tetapi sebanding dengan kinerja yang dihasilkan.
Adapun langkah dalam mengaturnya adalah sebagai berikut:
Masuk pada ikon baterai lalu pilih high performance, bila tidak ada pilihlah more power options dan di sana akan ada pilihan high performance.

6. Memaksimalkan kartu grafis
Di sini kami menggunakan kartu grafis Intel yang sudah cukup jadul. Nah, karena sudah tidak ada update-nya maka kita hanya bisa memaksimalkannya saja melalui pengaturan kartu grafis.
Untuk mengaturnya, gunakan langkah-langkah sebagai berikut:
 Klik Kanan pada mouse lalu pilih Graphics Properties...
Setelah itu akan muncul pilihan seperti gambar di atas, Pilihlah  menu 3D lalu pada 3D Preference setting pengaturan pada performance

7. Maksimalkan aplikasi melalui Task Manager
Memaksimalkan hal ini juga berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja laptop atau komputer. Optimalkanlah kinerja aplikasi dan matikan aplikas-apliakasi yang tidak dipergunakaan, baik ketika sedang hidup maupun pada saat start up.
Adapun untuk masuk pada Task Manager adalah sebagai berikut:
  • Pada menu start atau pencarian, carilah dengan cara diketik "task manager" tanpa tanda petik. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut:
  • Pilihlah mana yang akan dimatikan, kami ambil contoh aplikasi anti  virus Smad*v
  • Klik kiri ikon smad*v lalu klik kanan dan pilih end task dan alhasil smad*av akan terhenti. Selanjutnya untuk optimalkan aplikasi adalah sebagai berikut:
  • Klik kiri ikon aplikasi yang akan dioptimalkan, sebagai contoh Kami ingin optimalkan Mozi*la maka tinggal klik saja ikon tersebut lalu klik kanan dan pilih Go to Details. Akan muncul pilihan sebagai berikut:
  •  Secara otomatis aplikasi yang dimaksud akan terklik dan tinggal klik kanan kemudian pilih Set Priority lalu klik High. Setelah selsai akan muncul notif, dan tinggal pilih change priority. Lakukan langkah ini apabila telah mengeluarkan aplikasi dan ingin membukanya kembali.


 8. Gunakan penyetabil tegangan listrik (stabilizer)
 

Tegangan (Volt) yang tidak stabil merupakan ancaman bagi setiap perangkat elektronik tak terkecuali laptop dan komputer, gunakanlah stabilizer listrik untuk daya komputer dan untuk laptop dapat digunakan ketika tengah mengisi daya baterai. Disadari atau tidak stabilizer ini dapat memperpanjang usia pakai laptop dan komputer pembaca.


Nah itu tadi tips yang dipaparkan, jangan lupa untuk pasang iklan dagangannya bagi pembaca yang lagi jualan online, atau lihat katalog iklan di situs kami, siapa tahu ada yang cocok.
Akhir kata sampai jumpa.
Semoga bermanfaat.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel