Viral Video Kopi Kemasan Yang Mudah Terbakar! Bahayakah?

Konten [Tampil]
Ilustrasi Kopi Luwak White Koffie


Dewasa kini jagat maya tengah dihebohkan dengan fenomena yang sebetulnya tidak baru-baru banget. Ya! terhitung sejak Jumat, 28 September 2018 malam, beredar banyak sekali video yang diunggah ke media sosial. Video tersebut merupakan video percobaan pembakaran kopi kemasan. Suatu korek dinyalakan kemudian kopi kemasan ditabur ke atas nyala api dan hasilnya nyala api semakin membara.



Sebetulnya bahayakah kopi kemasan tersebut bila dikomsumsi? merujuk secara perizinan, tentunya kopi kemasan tersebut aman karena telah dicap Halal oleh MUI dan telah lulus uji BPOM RI. Lalu, timbul pertanyaan mengapa kopi kemasan tersebut dapat terbakar? perlu direntet kembali asal muasal terjadinya api. Api sendiri terbentuk atas oksigen, titik panas, serta zat radikal bebas yang berkesinambungan.

Lalu mengapa kopi kemasan yang tengah heboh dapat terbakar? ringkasnya, salah satu komposisi utama dari kopi yang tengah viral adalah krimer nabati. Krimer nabati sendiri merupakan suatu zat yang mudah teroksidasi karena merupakan lemak tak jenuh.

Pada intinya bila melihat ketiga aspek pembentuk api maka sudah dipastikan bahwa api yang telah menyala akan semakin terpantik. Proses bertambahnya kobaran api pada makanan bukanlah suatu hal yang tabu. Apabila sering berkunjung ke restoran bintang lima mungkin anda akan melihat koki yang tengah memasak makanan dengan kondisi makanan terbakar di atas makanan. Tidak aneh bukan? terlebih bila koki tersebut menaburkan bumbu-bumbu yang mengakibatkan api menjadi aktif.

Proses tersebut seharusnya sudah menjawab keingin tahuan mengapa kopi kemasan yang tengah viral mudah terpantik api.  Sebetulnya bila ingin adil, maka banyak kopi krimer dalam kemasan di luar sana yang perlu diuji coba dan hasilnya maka akan sama, sama terpantik oleh api.

Nah, mengapa kopi yang tidak berkrimer tidak terpantik api? hal ini dikarenakan komposisi dari kopi yang tidak berkrimer tidak memiliki komposisi zat-zat yang mudah terpantik api. Sekalipun banyak komposisi kopi yang terbuat dari karbon atau yang berasal dari sangraian biji kopi.

Kendati karbon sering dimanfaatkan untuk melakukan pembakaran (contohnya untuk membakar sate), namun karbon bukanlah zat yang reaktif terhadap api. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan uji coba pembakaran arang yang tidak semudah membakar zat reaktif  terhadap api contohnya adalah krimer nabati tadi.

Karena alasan tersebutlah maka tidak perlulah lagi kita khawatir dalam mengkonsumsi kopi kemasan yang tengah viral tersebut. Perlu diingat krimer akan aman dan tidak akan terbakar bila tidak ada api. Maka beruntunglah karena tubuh kita tidak memiliki sumber atau percikan api (terkecuali bagi orang yang mudah marah dan tengah cemburu buta *Onlyfun).

Sekian artikel ini semoga menjawab rasa penasaran anda!
Note:
- Kendati aman, konsumsilah sewajarnya dan jangan berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, terlebih komposisi gula dalam kopi kemasan cukup ampuh untuk membuat Anda kelebihan berat badan.


Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel