Membuat Double Pedal (DP) Drum Sendiri, Kenapa Tidak?

Konten [Tampil]

Membuat Double Pedal (DP) Drum Sendiri, Kenapa Tidak?


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel Icalan01. Kali ini kita akan membahas mengenai pembuatan double pedal atau DP drum secara Do It Your Self atau boleh dikatakan buatan sendiri.


Double pedal pada drumset merupakan alat tambahan yang biasanya digunakan para drummer dengan genre keras dan cepat. Suara dari double pedal banyak yang bilang seperti suara machine gun yang mana dikarenakan suara ketukan kick atau bass drum pada saat menggunakan double pedal akan sangat cepat.

Tak banyak yang menggunakan double pedal. Hal tersebut karena tak semua drummer menyenangi atau memainkan genre keras. Selain itu, harga dari double pedal sendiri tidaklah murah. Untuk harga bekasnya saja, yang pernah kami temui adalah seharga Rp. 400.000, itupun kondisinya boleh jadi sudah tidak layak pakai dan banyak yang musti diganti.

Nah bagi kita yang ingin belajar drum  terlebih double pedal, namun terkendala dengan biaya atau harga dari double pedal drum yang mahal. Maka tidak ada salahnya untuk setidaknya membuat double pedal drum sendiri di rumah untuk keperluan latihan.

Membuat Double Pedal (DP) Drum Sendiri, Kenapa Tidak?


Membuat double pedal drum bisa dikatakan susah-susah gambang. Masalahnya adalah kita harus benar-benar tahu mekanisme kerja double pedal drum serta harus ada pula bahan-bahan serta peralatan penunjang untuk membuat double pedal drum.

Membuat Double Pedal (DP) Drum Sendiri, Kenapa Tidak?


Kami sendiri sudah lupa dan sudah tidak memiliki double pedal drum buatan sendiri seperti gambar di atas. Hal tersebut karena double pedal drum tersebut telah lama sekali kami buat dan sekarang telah kami jual hahaha.

Baiklah, mari kita bahas saja. Setidaknya dalam membuat double pedal drum, kita perlu menyiapkan:

1. Beberapa tiang besi atau kayu untuk membuat tiang penyanggah
2. Per atau karet bekas ban motor untuk sebagai pegas serta pemukul mika
3. Papan kayu atau papan besi untuk membuat alas serta pedal
4. Rantai sebagai penghubung as dan pedal double pedal
5. Plastik untuk pengikat pedal dan alas
6. Plastik bundar untuk penyanggah
7. Pipa besi
8. As sepeda untuk batang pemukul mika
9. Paku dan baut
10. Dan lain hal

Membuat Double Pedal (DP) Drum Sendiri, Kenapa Tidak?


Jujur kami pun sudah sangat lupa dengan semua atau detail komponen yang harus disiapkan atau diperlukan. Namun kami harap dengan kalian mengamati dan melihat gambar-gambar yang telah kami sajikan, membuat kalian jadi tahu dan yakin bahwa kita bisa membuat double pedal drum sendiri.

Lalu mungkin ada yang bertanya apakah double pedal drum buatan sendiri itu bisa digunakan? Jawabannya tentu bisa. Untuk sekedar latihan kami rasa akan sangat cukup.

Simak saja video di bawah ini yang kami buat sekitar tahun 2013.







Di video yang burik itu, kami melakukan permainan drum yang biasa disebut drum remo atau drum untuk mengamen dengan menggunakan double pedal drum buatan sendiri.

Mungkin videonya dan penjelasan kami di atas tidak begitu jelas. Namun percayalah, selama kita yakin, pasti ada jalan.

Sebetulnya dulu ada yang mengulas double pedal buatan kami tersebut di situs Iman Prabawa, dan dari ulasan tersebut, banyak orang yang bertanya dan mengirimkan foto-foto mengenai pembuatan double pedal drum buatan sendiri dan jika boleh kami akui, hasilnya lebih bagus dan rapih dari kami.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar di bawah. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel