Definisi Pemasaran Menurut Ahli


inisi Pemasaran Menurut Ahli


Assalamu’alaikum.
Pada kesempatan kali ini, Icaan01 akan membahas pengertian atau definisi pemasaran menurut ahli. Adapun pembahasannya adalah sebagai berikut.


Pemasaran memiliki kata dasar “pasar” yang bila diartikan menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah:
Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi atas barang yang diperdagangkan; tempat orang berjual beli; pekan; kekuatan penawaran dan permintaan; tempat penjual yang ingin menukar barang atau jasa dengan uang.

Dalam artian umum, Bramantyo Djohanputro (2006) menjabarkan pasar sebagai:
Secara umum, pasar didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar sayur; misalnya, merupakan tempat bertemunya penjual sayur dan pembeli sayur untuk melakukan transaksi sayur. Pasar mobil merupakan tempat bertemunya penjual mobil dan pembeli mobil untuk melakukan transaksi jual beli mobil. Begitu seterusnya. Namun, pengertian modern tentang pasar tidak selalu berkaitan dengan tempat atau lokasi secara fisik. Pasar juga dapat diartikan dengan mekanisme untuk menjamin terjadinya transaksi jual beli secara aman dan nyaman. Misalnya, pasar yang tidak mengacu pada suatu tempat, tetapi pada mekanisme. Anda bisa melakukan pembelian suatu surat berharga seperti Commercial Paper (CP) dari rumah dengan menggunakan telepon atau internet dengan menghubungi pihak pemilik CP atau melalui pialang pasar uang. Anda bisa juga membeli komoditas melalui bursa berjangka melalui bursa berjangka dari manapun, termasuk dari rumah, kantor, bandara, dan tempat lainnya selama jaringan komunikasi tersedia. Contoh-contoh tersebut ingin mempertegas bahwa pasar tidak selalu berkaitan dengan tempat atau lokasi tertentu, tetapi juga mekanisme.

Sedangkan pemasaran dalam Kamus Bahasa Indonesia memiliki arti proses, cara, dan perbuatan memasarkan barang atau jasa. Menurut Freddy Rangkuti (2016):
Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi, dan manajerial. Akibat dari pengaruh berbagai faktor tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas.

Dan menurut M. Nur Rianto Al-Arif (2012), pemasaran adalah:
Pemasaran lebih merupakan “suatu seni menjual produk”, sehingga proses pemasaran penjualan yang dimulai dari perancangan produk sampai dengan setelah produk tersebut terjual. Berbeda dengan penjualan yang hanya berkutat pada terjadinya transaksi penjualan barang atau jasa.

Sedangkan Philip Kotler dalam Jirhanuddin, dkk.  (2016) mendifinisikan bahwa marketing atau pemasaran merupakan:
Fungsi organisasi yang berproses mencipta, mengomunikasikan, dan memberikan nilai (value) bagi costumer, serta mengelola hubungan yang menguntungkan bagi perusahaan dan bagi segenap pemangku kepentingan (stokeholders). Pemasaran berawal dari informasi pasar, produksi, edukasi pasar, penjualan, proses membina hubungan baik dengan costumer, serta upaya meningkatkan loyalitas pelanggan. Sedangkan selling merupakan proses penjualan produk dan jasa dengan tujuan pencapaian penjualan sebagai bagian dari marketing.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.