Penyebab Mesin Motor Kasar dan Jedak-Jeduk Ketika Menyala, Namun Halus Ketika Menekan Handle Kopling
Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami,
kali ini kita akan membahas mengenai problema motor. Yakni problem ketika motor
pertama kali dihidupkan, lalu mesin motor berisik dengan tidak normal dan cenderung jedak-jeduk.
Pada beberapa forum, kendala ini
biasanya menimpa motor Yamaha di kelas 150 cc seperti Yamaha Byson, Yamaha
Vixion, maupun Yamaha R 15, kendati mungkin pada pabrikan lain juga
mengalaminya.
Yamaha R 15 |
Biasanya suara berisik dari mesin
tersebut hanya akan menimpa pada saat pertama kali dihidupkan, ketika sudah
panas, maka jedak-jeduk tersebut
menghilang. Juga, ketika kita menekan handle
kopling, maka suara jedak-jeduk
tersebut menghilang dan suara mesin menjadi halus.
Nah sebenarnya apa sih
penyebabnya? Kami sendiri mengalami hal tersebut pada sepeda motor Yamaha Byson
kami, dan setelah bertanya pada master-master di grup Yamaha Byson,
dijelaskanlah bahwa hal yang mengakibatkan jedak-jeduk
tersebut adalah berasal dari karet kopling.
Karet kopling yang sudah tidak
baik mengakibatkan rumah kopling menjadi oblak dan tentunya lama-kelamaan karet
kopling tersebut akan “remuk” serta dicurigai dapat menyumbat saluran oli pada
mesin motor.
Karet kopling sendiri harganya
berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 70.000 per unitnya. Nah karet kopling ini
tidak dijual pada bengkel resmi, karena jika kita membawa motor ke bengkel
resmi dengan keluhan jedak-jeduk,
maka kita diharuskan mengganti satu set dengan rumah koplingya, artinya tidak
dapat diketeng dan tentunya harganya
akan luar biasa.
Untuk mengakalinya, banyak yang
melakukan pantek atau dengan cara
bubut bagian karet kopling. Paku dan karet kopling lama dipapas habis oleh
tukang bubut dan paku serta karet kopling baru dipasangkan pada rumah kopling.
Nah walau banyak yang melakukan
cara pantek, namun ternyata hal tersebut dapat berbahaya bila tidak dilakukan
oleh ahli pantek. Oleh sebab itu,
kami sarankan untuk membeli rumah kopling atau bila terpaksa ke tukang bubut
maka cari tukang bubut yang memang sudah berpengalaman, serta jangan lupa
membeli karet kopling yang berkualitas.
Sebagai catatan, karet kopling menjadi rusak atau kaku bisa diakibatkan karena kebiasaan kita yang sering melakukan setengah kopling.
Nah artikel ini kami cukupkan
sampai disini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.