Penyebab Mesin Motor Kasar dan Jedak-Jeduk Ketika Menyala, Namun Halus Ketika Menekan Handle Kopling



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai problema motor. Yakni problem ketika motor pertama kali dihidupkan, lalu mesin motor berisik  dengan tidak normal dan cenderung jedak-jeduk.


Pada beberapa forum, kendala ini biasanya menimpa motor Yamaha di kelas 150 cc seperti Yamaha Byson, Yamaha Vixion, maupun Yamaha R 15, kendati mungkin pada pabrikan lain juga mengalaminya.

mesin kasar saat lamsang naun halus ketika handle kopling ditekan
Yamaha R 15


Biasanya suara berisik dari mesin tersebut hanya akan menimpa pada saat pertama kali dihidupkan, ketika sudah panas, maka jedak-jeduk tersebut menghilang. Juga, ketika kita menekan handle kopling, maka suara jedak-jeduk tersebut menghilang dan suara mesin menjadi halus.

Nah sebenarnya apa sih penyebabnya? Kami sendiri mengalami hal tersebut pada sepeda motor Yamaha Byson kami, dan setelah bertanya pada master-master di grup Yamaha Byson, dijelaskanlah bahwa hal yang mengakibatkan jedak-jeduk tersebut adalah berasal dari karet kopling.

Karet kopling yang sudah tidak baik mengakibatkan rumah kopling menjadi oblak dan tentunya lama-kelamaan karet kopling tersebut akan “remuk” serta dicurigai dapat menyumbat saluran oli pada mesin motor.

Karet kopling sendiri harganya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 70.000 per unitnya. Nah karet kopling ini tidak dijual pada bengkel resmi, karena jika kita membawa motor ke bengkel resmi dengan keluhan jedak-jeduk, maka kita diharuskan mengganti satu set dengan rumah koplingya, artinya tidak dapat diketeng dan tentunya harganya akan luar biasa.

Untuk mengakalinya, banyak yang melakukan pantek atau dengan cara bubut bagian karet kopling. Paku dan karet kopling lama dipapas habis oleh tukang bubut dan paku serta karet kopling baru dipasangkan pada rumah kopling.

Nah walau banyak yang melakukan cara pantek, namun ternyata hal tersebut dapat berbahaya bila tidak dilakukan oleh ahli pantek. Oleh sebab itu, kami sarankan untuk membeli rumah kopling atau bila terpaksa ke tukang bubut maka cari tukang bubut yang memang sudah berpengalaman, serta jangan lupa membeli karet kopling yang berkualitas.

Sebagai catatan, karet kopling menjadi rusak atau kaku bisa diakibatkan karena kebiasaan kita yang sering melakukan setengah kopling.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel