Persiapan Rekaman Lagu

Konten [Tampil]
Proses Rekaman
Proses Rekaman

Assalamu'alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai "Persiapan Rekaman Lagu". Artikel ini kami buat untuk para musisi yang hendak melakukan rekaman musik  pada studio maupun rekaman rumahan baik itu rekaman secara live maupun multy track.  Bagi yang telah maupun sering melakukan rekaman lagu pada studio maupun rumahan, tentunya sudah tidak bingung lagi, namun bagi yang ertama kali tentunya akan sedikit bingung harus seperti apa dan apa saja yang harus disiapkan. Untuk menjawab iu semua, maka kami akan bagikan sedikit tipsnya.

1. Siapkan pilihan
Yang sangat vital adalah memilih studio atau rekaman rumahan mana yang akan dipilih. Serta jenis rekaman apa yang akan digunakan (live atau multy track). Hal ini sangat penting karena akan menentukan perlakuan rekaman serta proses rekaman.Sebagai referensi tempat kalian bisa melihat disini. Sebagai gambaran awal, live record artinya kita melakukan rekaman secara langsung atau serentak pada setiap alat musiknya, sedangkan multy track artinya kita melakukan rekaman secara satu per satu alat musik.

2. Siapkan mental
Hal kedua adalah menyiapkan mental. Tak sedikit yang sering melakukan kesalahan sendiri, malu, hingga canggung dalam melakukan proses rekaman. Hal itu wajar karena ketika melakukan rekaman, kita dituntut untuk melakukan semua permainan dengan sempurna, maka dari itu kita harus benar-benar menyiapkan mental kita agar selalu seratus persen dalam melakukan rekaman. Salah satu hal yang bisa menguatkan mental adalah dengan melakukan relasi atau hubungan secara akrab dengan sound engineering atau pemilik studio.

3. Siapkan materi
Materi disini bukan soal uang, tetapi lebih condong pada materi lagu yang akan dibawakan. Kita harus benar-benar hafal lagu yang akan dibawakan, serta harus paham dengan tempo seperti apa yang akan nanti dipergunakan. Nantinya ketika melakukan rekaman secara satu per satu, tempo menjadi salah satu kunci sukses terjadinya rekaman, maka dari itu kita harus tahu di angka berapa kita akan rekaman. Jangan lupa untuk berdiskusi dengan sound engineer mengenai musik tambahan yang ingin ditambahkan. Kita dapat memasukan alat musik yang tidak kita mainkan, semisal drum, hingga keyboard, hal ini biasanya terjadi pada proses rekaman multy track, dan biasanya kita harus memberi bayaran sedikit lebih.

4. Siapkan budget lebih
Budget atau uang harus kita siapkan, hal ini diperuntukan untuk keperluan di luar dari rekaman, semisal untuk biaya cemilan, minum, hingga makan. Hal tersebut kita lakukan karena proses rekaman terlebih untuk rekaman multy track akan menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Bisa bejam-jam bahkan memakan waktu beberapa hari. Jangan lupa untuk sebisa mungkin melakukan pelunasan dalam melakukan rekaman.


Nah mungkin hanya sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa,
Wassalamu'alaikum.

Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel