MIFI, Perangkat Kecil Yang Efektif Menaikan Kecepatan Internet

Konten [Tampil]


Ilustrasi Mifi


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Pernahkah kita mengalami koneksi yang lambat hingga membuat kita kesal? Bagi para penggiat unduhan, menonton kanal Youtube, hingga para penggiat unggah- mengunggah, tentunya koneksi yang lambat membuat hati dan fikiran menjadi panas tak beraturan bukan? Nah kali ini kami dari Icalan01 akan memberikan sedikit pengalaman kami menggunakan MIFI yang terbukti efektif membantu kami dalam urusan perduniaan internet.


Mifi atau Mobile Wi-Fi merupakan perangkat kecil yang berfungsi layaknya sebuah Wi-Fi. Mifi bertugas untuk membagi akses internet kepada beberapa pengguna perangkat keras. Biasanya Mifi mampu memberikan suplai internet hingga 10 perangkat, namun jumlah itu tergantung dengan kapasitas dan spesifikasi dari Mifi.

Mifi memiliki ukuran segenggam telapak tangan, dan sangat berguna bagi kita yang ingin melakukan akses internet. Mifi bertranspormasi menjadi pengganti modem Usb pada perangkat komputer, serta merupakan paket ekonomis pengganti Wi-FI. Biasanya Mifi dibekali dengan kecepatan internet yang di atas rata-rata kecepatan internet smartphone. Kecepatan dari akses internet Mifi bisa berkisar antara 50 mb per detik hingga 150 mb per detik. Hal itu disesuaikan dengan tipe serta jaringan yang disediakan. Sama seperti telepon genggam cerdas kita, Mifi juga ada yang masih mendukung jaringan 3g hingga 4g.

Harga dari barang ini bervariatif dari harga 200 ribuan hingga 1 jutaan, tergantung dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sedikit berbagi informasi saja, kami sendiri menggunakan Mifi dengan jaringan yang masih 3g (Mifi kami belum mendukung jaringan 4g). Dan kebetulan di daerah kami jaringan provider tidak semua bagus, serta telepon genggam kami hanya menggunakan satu kartu. Sehingga untuk kebutuhan internet kami menggunakan Mifi (kartu pada telepon genggam hanya digunakan untuk kebutuhan aplikasi chat).

Sepengalaman kami, Mifi memang sangat membantu aktivitas kami. Baik untuk urusan unggah video,  posting artikel, hingga urusan download aplikasi. Mifi terbukti lebih efektif dalam urusan kecepatan internet, hal ini dikarenakan Mifi yang dibuat khusus untuk akses internet sehingga kecepatan akses pun dibuat di atas rata-rata kecepatan telepon genggam.

Kami sempat menggunakan kartu yang terkenal memang memiliki jaringan yang mengenaskan, namun alahkah kagetnya kami ketika kami gunakan kartu tersebut pada Mifi ternyata akses internet menjadi lebih cepat. Hal tersebut serupa seperti kita memindahkan kartu dari SIM satu menuju SIM dua. Biasanya SIM dua memiliki batas kecepatan internet lebih rendah dari SIM satu, hal itu salah satu tujuanya adalah untuk menghemat beterai.  Dan bila menggunakan Mifi, hal yang dirasakan adalah seperti kita memindahkan kartu SIM dua pada SIM satu.

Batas kecepatan internet menjadi sangat penting bagi para penggiat dunia maya, hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan koneksi internet yang telah disediakan oleh kartu SIM. Nah bagi yang ingin menggunakan dan membeli Mifi, kami sarankan untuk melihat kecepatan internet, dukungan jaringan (sudah mendukung 4g atau belum), serta disarankan bersifat GSM atau mampu bekerja untuk  beberapa kartu SIM.

Nah artikel ini cukupkan sampai disini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel