Microphone Condensor/ Condenser BM Series (BM 700, BM 800, BM 8000) Tidak Menyala Pada Laptop Atau Komputer

Konten [Tampil]


Ilustrasi Mic BM 8000 Dalam Gelap


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kami akan membahas mengenai “Microphone Condensor/ Condenser BM Series (BM 700, BM 800, BM 8000) Tidak Menyala Pada Laptop Atau Komputer”. Nah banyak dari para Youtuber maupun yang tengah belajar home recording menanyakan pada grup Facebook mengapa mic kondensor barunya tidak dapat digunakan atau tidak dapat menyala di laptop maupun komputernya. Dan kebetulan mic yang biasanya mereka beli adalah mic dari BM series yang memang terbukti murah dan dapat dikatakan memiliki kualitas cukup bagus.


Sebetulnya ketika mic kondensor tidak menyala pada laptop atau komputer merupakan suatu hal yang wajar (terlebih apabila langsung dipasang pada soundcard bawaan laptop atau komputer).  Mic kondensor merupakan suatu alat penangkap suara yang tingkat kepekaanya lebih besar atau lebih tinggi bila dibandingkan dengan mic biasa atau mic dynamic.

Karena tingkat kepekaan yang lebih tinggi itulah membuat mic kondenser harus disuplai dengan tegangan sebesar 48 Volt. Untuk mendapatkan tegangan tersebut maka kita perlu alat tambahan yang bernama Phantom Power (Phantom Power = Kekuatan Siluman). Phantom Power bertugas menyuplai tegangan kepada mic kondensor. Dan untuk bisa mendapat suplai dari Phantom Power, kita perlu menggunakan kabel mic XLR pada kedua sisinya (kabel bawaan mic Bm series merupakan jenis kabel yang menggunakan jack XLR hanya pada salah satu sisi).

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan Phantom Power? Tentunya kita harus membeli alat lain yakni bisa Phantom Power eksternal, soundcard atau audio interface yang sudah memiliki fitur Phantom Power,  mixer yang sudah memiliki fitur Phantom Power, Pre Amply yang sudah memiliki fitur Phantom Power, maupun alat untuk keperluan vokal lain yang sudah memiliki fitur Phantom Power.

Selain itu mengenai kabel XLR, kita harus membeli kabel set baru dengan jenis jack XLR. Perbedaan dari kabel bawaan mic Bm series selain dari jack-nya adalah jumlah kabelnya yang berbeda. Kabel bawaan mic Bm series  memiliki jumlah 2 buah yakni positif dan negatif. Sedangkan untuk kabel XLR, jumlah kabelnya sebanyak 3 buah, yakni positif, negatif serta ground.


Contoh kabel dengan jack XLR

Lalu berapa biaya tambahan untuk membeli Phantom Power serta kabel XLR? Jawabannya adalah relatif. Namun biaya yang kami keluarkan tiga tahun lalu adalah sebesar Rp. 800.000. Karena sekarang banyak yang menjual alat-alat seperti ini pada situs jual beli online, kami rasa harganya akan menjadi jauh lebih murah. Untuk memastikannya, silahkan kalian cek sendiri ya hehe.

Sebetulnya pada beberapa ulasan pada video-video Youtube, kami sempat menemukan beberapa vlogger yang menggunakan mic kondensor tanpa bantuan Phantom Power, namun sampai saat ini kami tidak tahu apa yang mereka gunakan atau lakukan pada mic kondensornya. Mungkin nanti waktu akan kami beritahu bila kami sudah tahu. Namun untuk saat ini, yang kami tahu dari teori audio record adalah bahwa cara terbaik untuk mengaktifkan mic kondensor adalah dengan bantuan Phantom Power.

Nah rtikel ini kami cukupkan sampai disini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel