Mengatasi Motor Brebet Dengan Cara Sederhana

Konten [Tampil]

mengatasi motor brebet dengan cara yang sangat sederhana
Ilustrasi


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas menganai bagaimana cara mengatasi motor yang brebet dengan cara yang sederhana. Nah sepertinya penyakit brebet atau batuk-batuk merupakan sebuah penyakit pada sepeda motor yang banyak dialami bukan oleh satu atau dua orang, karena ternyata masalah brebet ini banyak dikeluhkan, baik oleh pengguna motor lama maupun pengguna motor keluaran terbaru.


Nah sebelum masuk lebih lanjut, kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara motor dapat bekerja. Motor dapat bekerja melalui mesin yang melakukan aktivitas pemabakaran. Pembakaran yang sempurna, nantinya dapat membuat motor kita berjalan dengan baik. Elemen dalam proses pembakaran sendiri terdiri dari bahan bakar berupa bensin dan udara, kemudian percikan api yang diperoleh dari busi. Untuk itu, jika motor kita mengalami brebet, hal yang mungkin terjadi adalah ada elemen pembakaran yang tidak sempurna.

Sederhananya, jika motor brebet maka yang terjadi adalah bensin lebih besar dari pada api. Maksudnya adalah suplai bensin dari karbu atau injektor lebih banyak dari pada percikan api dari busi. Dengan demikian, bila terjadi brebet maka diagnosa kita adalah bensin atau api yang bermasalah. Sumber dari bensin adalah tengki bahan bakar, kemudian karbu maupun injektor. Selanjutnya sumber dari api adalah busi, kabel busi, koil, spul, hingga CDI atau platina.

Elemen-elemen tadi yang telah disebutkanlah yang harus diperhatikan. Nah biasanya yang menjadi permasalahan umum terletak pada karbu, bensin, busi, sampai kabel busi. Bila kita menggunakan karbu bawaan pabrik, sebetulnya jarang terjadi masalah brebet, terkecuali kita mengganti main jett serta pilot jet, dengan demikian masalah pada karbu kita lewat saja. Kemudian masalah pada kabel busi biasanya terjadi pada motor yang telah sangat lama dipergunakan, solusinya adalah mengganti  kabel busi, namun biasanya akan jarang ada penjual yang hanya menjual kabel busi, biasanya menjualnya sepaket dengan koil.

Jadi secara umum, motor brebet terjadi karena busi dan bensin. Ini merupakan masalah umum yang sering dialami oleh masyarakat penunggang kuda besi roda dua. Begini, pembakaran yang sempurna adalah ketika api dan bahan bakar tercampur dengan takaran yang sempurna. Dan sekali lagi, bila bahan bakar terutama bensin yang lebih banyak takarannya dari pada api, maka kemungkinan besar akan brebet.

Saat busi dalam keadaan tidak baik, ditandai dengan percikan api yang lemah dan tidak normal, maka secara tidak langsung bensin tidak akan terbakar dengan sempurna. Dengan demikian takaran bensin malah akan menjadi lebih banyak kendati dalam stelan normal. Kita perlu cek keadaan busi dan masa pakai busi, untuk mengenceknya silahkan kalian cek pada artikel kami tentang Bensin Dengan Oktan Berapa Yang Cocok Untuk Motor? . Nah, kami sempat mengalami percikan busi yang tidak sempurna, sehingga saat gas ditarik, secara spontan langsung brebet. Kami sempat melakukan perbaikan pada karbu, namun hasilnya nihil. Dan setelah kami cek lebih jauh, ternyata penyebabnya adalah busi yang tidak stabil akibat kabel busi yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Kemudian masalah bensin, sering kali kita melakukan isi bensin dengan angka oktan yang tidak sesuai, misal kendaraan kita memiliki rasio kompresi yang tinggi, namun motor kita malah kita isi dengan bensin dengan angka oktan yang rendah. Hal tersebut menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan hal yang sering terjadi adalah motor kita malah brebet pada RPM tinggi, karena bensin atau bahan bakar tidak mampu menghasilkan daya ledak yang diinginkan. Maka dari itu, kita harus lebih bijak dalam mengisi bensin. Kita harus isi sesuai dengan rasio kompresi motor kita, untuk mengetahuinya, kalian bisa cari rasio kompresi dari motor kalian melalui manual book atau melalui situs resmi brand motor kalian. Dan untuk mengetahui bahan bakar apa yang cocok, silahkan kalian cek artikel kami yang satu ini Berapa Lama Usia Pakai Busi? .

Nah artikel ini kami cukupkan sampi disini, semoga dapat membantu masalah brebet pada motor kalian, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu'alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel