Bensin Dengan Oktan Berapa Yang Cocok Untuk Motor?

Konten [Tampil]
Bensin yang cocok itu yang bagaimana?
Ilustrasi Sepeda motor

Assalamu'alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai "Bensin Dengan Oktan Berapa Yang Cocok Untuk Motor?". Nah artikel ini kami tulis bagi kalian yang sering bertanya-tanya tentang bensin apa yang cocok untuk sepeda motor yang kalian miliki. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bensin atau bahan bakar yang cocok untuk sepeda motor kita, maka kita harus pelajari terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan oktan pada bahan bakar, serta perbandingan kompresi pada sepeda motor kita.

Oktan secara sederhana merupakan angka yang menunjukan besaran tekanan atau ledakan yang dihasilkan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan pada ruang bakar. Semakin besar angka pada oktan bahan bakar, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Sedangkan perbandingan kompresi atau rasio kompresi merupakan gambaran tekanan yang dilakukan piston pada ruang bakar. Sederhananya, semakin tinggi perbandingan kompresi pada sepeda motor, maka tinggi pula tekanan yang dibutuhkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara mengengkol atau menyelah sepeda motor. Semakin berat kick strater atau engkol, maka semakin padat atau besar kompresinya.


Dengan penjelasan di atas, maka dapat dipahami  bahwa nilai oktan dan rasio kompresi saling berkaitan. Dengan demikian, bensin yang cocok untuk sepeda motor kita atau kendaraan kita adalah bensin yang memiliki angka oktan yang sesuai dengan kompresi sepeda motor kita.

Sebagai acuan, bahan bakar atau bensin yang umum kita temui pada Pertamina adalah Premium, Pertalite, Pertamax, serta Pertamax Plus. Setiap bahan bakar tersebut memiliki angka oktan yang berbeda-beda dan tentunya untuk peruntukan yang berbeda-beda pula.

Singkatnya, kami uraikan sebagai berikut:
  1. Premium              : Beroktan 88 dan cocok untuk rasio kompresi 7:1 hingga 9:1
  2. Pertalite               : Beroktan 90 dan cocok untuk rasio kompresi 9:1 hingga 10:1
  3. Pertamax             : Beroktan 92 dan cocok untuk rasio kompresi 10:1 hingga 11:1
  4. Pertamax Plus     : Beroktan 95 dan cocok untuk rasio kompresi 11:1 hingga 12:1

Nah kita perlu cek kembali berapa perbandingan kompresi pada sepeda motor atau kendaraan kita. Gunakan bahan bakar atau bensin yang sesuai, karena bila tidak sesuai dengan kompresi kendaraan kita, maka pembakaraan akan tidak optimal, misal mesin yang menjadi kasar maupun ngempos pada saat rpm tinggi , Selain itu, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan ruang bakar terutama kepala piston menjadi lebih cepat gosong dan berkerak.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu'alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel