Sharing: Biaya Memperbaiki Monitor LED Yang Buram atau Blur Sebagian

Konten [Tampil]



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel Icalan01. Kali ini kami akan membagikan pengalaman mengenai monitor komputer kami yang mengalami kerusakan berupa mengalami blur atau buram sebagian.


Tulisan ini kami buat dengan maksud memberikan informasi pada kita semua mengenai masalah pada monitor LED yang blur atau buram sebagian.

Oke langsung saja kita lihat monitor LED yang mengalami kerusakan yang kami maksud.

Sharing: Biaya Memperbaiki Monitor LED Yang Buram atau Blur Sebagian


Pada gambar di atas terlihat bahwa gambar pada monitor LED tidak selaras atau ada bagian yang buram dan ada bagian yang tidak buram. Parahnya bagian yang buramnya ternyata lebih besar dan membuat tampilan dari monitor LED berkurang jauh kualitasnya.

Untuk lebih jelasnya maka simak gambar di bawah.

Sharing: Biaya Memperbaiki Monitor LED Yang Buram atau Blur Sebagian


Nah dari tampilan di atas bisa kita lihat bahwa selain buram, ternyata gambar pada monitor LED kami mengalami delay atau terlambat dalam menampilkan gambar.

Jika sudah begini, terpaksa deh kita kandangin terlebih dahulu monitor LED tersebut karena sudah pasti akan sulit melihat tampilan monitor LED dengan keadaan seperti itu.

Singkat cerita kami mencoba mencari tempat perbaikan elektronik yang sanggup memperbaiki monitor LED yang kami miliki. Namun ternyata berbeda dengan monitor atau Tv tabung, monitor dengan layar atau panel LED, jarang ada yang sanggup untuk memperbaikinya.

Terbukti dari banyaknya tukang service elektronik yang tidak sanggup dan menolak untuk memperbaiki monitor LED yang kami miliki.

Pada perburuan yang terakhir, kami mencoba menguhubugi salah satu tempat service elektronik di area Bandung Barat yang kami temui kontaknya via Google Maps. Setelah perbincangan yang cukup panjang, kurang lebih mulai diketahui apa yang mengalami kerusakan, serta biaya yang harus dikeluarkan.

Sharing: Biaya Memperbaiki Monitor LED Yang Buram atau Blur Sebagian


Bila melihat percakapatan di atas, terlihat bahwa apabila monitor LED telah mengalami kerusakan, maka biaya perbaikannya cukup mahal. Terlebih bila yang terkena adalah bagian pannel-nya.

Bila kita terjemahkan percakapan di atas, kurang lebih adalah sebagai berikut:

Tukang Service: Iya memang benar, itu adalah penyakit dari panel LCD (LED). Bisa diakali dengan IC cof-nya dipanaskan menggunakan solder, tapi untung-untungan. Kadang berhasil kadang juga tidak. Soalnya susah jika sudah kena IC cof-nya. Masalahnya (IC cof) menempel di fleksibel. Bisa diangkat pakai solder uap, jadi IC-nya bisa diangkat, tapi fleksibelnya (kemungkinan) bakal rusak.
Saya: Kira-kira biaya perbaikan di abang berapa ya?
Tukang Service: Iya seperti tadi, untung-untungan. Jikalau bagus pun biasanya tidak akan lama (bagusnya) yang sudah-sudah (seperti itu). Solusinya hanya dengan mengganti panel LCD (LED).
Saya: Jika mengganti panel berapa bang?
Tukang Service: Merk apa itu sama berpa inchi (ukuran layarnya)?
Saya: Viewsonic bang, tipe 170wb. Jika tidak salah 17 inchi.
Tukang Service: Ternyata lumayan harganya. Barusan (saya) tanya ke teman yang sering belanja panel (LCD/ LED) kira-kira Rp. 650.00 katanya. Tidak jauh dari beli (monitor) baru.

Nah dari percakapan kami dengan salah satu tukang perbaikan elektronik, dapat diketahui bila penyakit monitor LED yang blur atau buram sebagian diakibatkan karena salah satu IC ada yang rusak.

Sebetulnya IC tersebut bisa diganti, namun karena menempel dengan salah satu komponen elektronik lain, sehingga risiko perbaikan atau pergantian tersebut sangat berisiko.

Alhasil banyak yang menganjurkan untuk ganti panel. Namun masalahnya adalah harga panel tersebut seharga monitor LED baru atau bahkan sedikit lebih mahal.

Bila sudah begini, monitor LED yang rusak tersebut harus kita simpan karena harga perbaikannya yang bisa mencapai harga monitor LED baru.

Dengan kronologi di atas, maka tidak salah bila ada produsen Tv LED sebut saja Polytron yang memberikan garansi panel LED selama lima tahun.

Nah mungkin cukup sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Akhir kata sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel