Perlakuan Setelah Operasi Katarak

Konten [Tampil]



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel Icalan01. Kali ini kita akan membahas mengenai artikel perlakuan setelah operasi katarak.


Artikel ini merupakan sambungan dari artikel kami sebelumnya mengenai tanda-tanda katarak (artikelnya disini) serta artikel mengenai bagaimana operasi katarak yang artikelnya ada disini.

Nah sebagai informasi, operasi katarak memang selesai dalam waktu satu hari. Namun setelah itu, kita musti memberikan perlakuan untuk mata kita yang telah dilakukan operasi katarak.

Tujuannya adalah agar mata kita tidak terjadi infeksi atau bahkan lensa buatan yang diterapkan di mata kita tidak berbentuk dengan sempurna karena kita yang tidak begitu benar dalam memperlakukan mata kita.

Kurang lebih selama dua minggu setelah kita melakukan operasi katarak, kita harus memberikan perlakuan yang diantaranya adalah:

1. Meminum obat dalam dan obat luar


Perlakuan Setelah Operasi Katarak

Hal yang pertama harus kita lakukan adalah meminum obat yang diantaranya adalah obat penahan rasa sakit yang telah diberikan oleh dokter. Selain itu, kita juga harus meneteskan beberapa obat mata yang tujuannya adalah agar mata yang telah dioperasi dapat terhindar dari infeksi. Obat ini akan habis dalam kurun waktu tertentu, sehingga ketika telah habis, kita musti melakukan kontrol kembali sekalian juga untuk mengecek perkembangan mata kita.

2. Tidak melakukan gerakan yang membahayakan mata
Selanjutnya adalah kita dilarang melakukan gerakan yang dapat membahayakan mata yang telah dilakukan operasi katarak. Misalnya jangan menunduk, hal ini juga membuat kita ketika selesai operasi katarak harus shalat dengan posisi duduk dan tidak dianjurkan melakukan sujud seperti biasanya. Dalam posisi tidur juga kita dianjurkan untuk tidur terlentang dan jangan tidur dengan posisi  tengkurap.

Perlakuan Setelah Operasi Katarak

Selain itu, kita juga harus melindungi mata kita dari angin, air, serta sentuhan benda lain, misalnya tangan dan benturan pada area mata yang telah dilakukan operasi. Oleh sebab itu, pada waktu tertentu kita dianjurkan memakai pelindung mata seperti gambar di atas.

Setelah mata diperbolehkan melihat, hal yang pertama akan dirasakan adalah pusing. Hal tersebut karena mata belum mampu menyesuaikan jarak pandang dan kefokusan. Walhasil untuk membaca atau sekedar melihat dengan fokus, kita akan sedikit merasakan mual. Namun hal tersebut akan berangsur-angsur membaik dalam beberapa minggu.

Dalam pengobatan dan pemulihan, mata akan sedikit gatal. Akan tetapi kita tidak dianjurkan dan diharamkan untuk mengucek mata, terlebih mata yang baru menjalani operasi. Hal tersebut dilarang karena ditakutkan akan merusak lensa mata yang baru menjalani operasi.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel