Sharing: Jasa Ekspedisi Kirim Paket Terbaik Di Indonesia
Kamis, 18 Juli 2019
Konten [Tampil]
Assalamu’alaikum,
Kembali lagi pada artikel kami kal
iini kami akan sedikit berbagi pengalaman mengenai jasa ekspedisi kirim paket
terbaik di Indonesia.
Tulisan ini dibuat atas pengalaman
pribadi dan mungkin akan sangat subjektif atau relatif, namun tulisan ini
berani kami buat karena pelayanan dari jasa ekspedisi yang memang bisa dibilang
konsisten memberikan pelayanan prima.
Artikel ini akan sangat membantu
untuk kita yang sering belanja online
maupun kita yang sering mengirim barang sebagai penjual online, karena apa? Karena salah satu faktor penting pelayanan
maksimum diindikasikan dari kecepatan dan keselamatan barang yang dikirimkan.
Sedikit info saja, kami berada di
kawasan Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, dan
selama kami menggunakan jasa pengiriman paket, kami telah merasakan pengiriman
dan penerimaan dari berbagai jasa ekspedisi dari di Pulau Jawa (kami belum
mencoba ekspedisi antar pulau maupun antar negara).
Dari berbagai penerimaan maupun
pengiriman, hati kami jatuh pada Pos Indonesia, mengapa? Karena dari pengalamn
kami, kecepatan dan pelayanan dari jasa ekspedisi Pos Indonesia merupakan
pelayanan yang paling prima dibandingkan dengan kompetitornya sebut saja J%E,
JN%, atau Nin*a.
Nah kami coba kronologikan
beberapa pengalaman kami menggunakan beberapa jasa ekspedisi:
1. J%E
Kami pernah mengirim paket berupa
dokumen kerja via J%E, kami sudah berupaya untuk menulis alamat tujuan dengan
baik dan benar, namun alhasil setelah menunggu selama lima hari, ternyata paket
dokumen yang kami kirim belum sampai ke tujuan (dari Bandung Barat ke Depok).
Ngeri bukan? Padahal itu berkas kerja yang dituntut untuk dikirim cepat dan
selamat. Karena lama dan dikuatirkan hilang di jalan, alhasil kami kirim ulang
via ekspedisi Pos Indonesia dan alhasil dua hari sudah sampai.
Selain pengalaman tersebut, kami
juga pernah melakukan pembelian online
dengan jasa YES (Yakin Esok Sampai), kalau tidak salah jasa YES tersebut
menjamin uang dikembalikan setengahnya jika barang tidak sampai dalam waktu
satu hari. Nah ketika mencoba pertama kali, paket datang dalam satu hari.
Kemudiaan pada kedua kalianya paket terlambat dan uang dikembalikan
setengahnya. Dan percobaan ketiga kami gunakan jasa YES namun barang datang
dalam hari kedua dan ongkos kirim tidak dikembalikan.
Pada kronologi ketiga, kami
membeli barang dari Bandung dan membeli dua barang dengan penjual dan daerah Bandung
yang berbeda. Barang A kami beli pada hari Selasa dan barang B kami beli pada
hari Rabu. Kami berpikir bahwa kedua barang tersebut akan dikirim satu persatu
oleh pihak J%E, namun ternyata barang tersebut ditahan terlebih dahulu untuk kemudian
dikirimkan berbarengan.
Satu hal keunggulan dari
ekspedisi J%E adalah bahwa selama kami memakai jasanya, paket barang selalu
sampai langsung ke tangan kami tanpa dititipkan pada tetangga atau orang lain.
2. JN%
Ini merupakan jasa ekspedisi
dengan logo didominasi berwarna merah. Perusahaan jasa ini juga telah bekerja
sama dengan salah satu situs belanja online
terkemuka di Indonesia sebut saja Bukalepek. Dengan demikian maka tak salah
jika pada Bukalepek sering memberikan kupon potongan ongkir (ongkos kirim)
apabila paket atau barang dikirim via ekspedisi JN%.
Karena tergiur potongan ongkir,
akhirnya pada beberapa kesempatan kami sering gunakan ekspedisi Jn%. Masalah
waktu kirim, bila boleh disandingkan dengan ekspedisi J%E, maka ekspedisi JN%
sedikit lebih lambat.
Hal yang menyebalkan dari
ekspedisi ini adalah ketika kita membeli barang banyak via situs jual beli
dalam waktu yang berbeda namun berdekatan (misal beli barang A pada hari Senin
dan beli barang B pada hari Selasa), dan barang-barang tersebut dikirim via
ekspedisi ini, maka hal yang terjadi adalah paket barang kita ditahan terlebih
dahulu untuk selanjutnya dikirim secara bebarengan.
Memang sistemnya mungkin sama
seperti ekspedisi sebelumnya, namun karena waktu pengiriman yang sedikit lebih
lambat, hal tersebut malah membuat paket bisa sampai dala waktu lima hari
padahal pengiriman dari Bogor ke Bandung Barat.
Satu hal lagi pelayanan yang
menurut kami kurang menyenangkan dari kurir ekspedisi ini adalah ketika barang
atau paket yang kami tunggu ternyata dititipkan di warung sebrang jalan.
Padahal meski rumah kami dalam gang kecil, jarak dari jalan utama tak lebih
dari 40 meter.
Menitipkan barang pada tetangga
ataupun warung dan tempat patokan memang terlihat biasa dan sepele. Namun dalam
ilmu pelayanan, hal tersebut adalah suatu hal yang buruk dan kurang menyenangkan
bagi pelanggan.
Sebagai masukan, kami sarankan
untuk menggunakan jasa ekspedisi ini secara reguler dan bukan hasil kupon
potongan harga. Karena bisa jadi potongan harga tersebut membuat barang malah
menjadi lebih lama sampai.
3. Nin*a
Pada pengalaman pertama,
pelayanannya sangat menyenangkan. Paket cepat sampai dan harga sangat murah.
Namun setelah beberapa mencoba kembali, ternyata boleh dikatakan waktu sampai
dari ekspedisini ini bila dirata-ratakan secara reguler adalah empat hari.
Ada pengalaman menarik kami
menerima paket dari area Bandung kota, ternyata dari Bandung kota ke Bandung
Barat kabupaten membutuhkan waktu lima hari. Hmm, tapi terlepas dari itu, kurir
dari ekspedisi ini masih bertanggung jawab kok, terbukti dengan secara langsung
bahkan sampai malam rela mencari rumah kami hanya demi menyampaikan barang
langsung ke tangan kami.
4. Pos Indonesia
Dari bebeapa penyedia jasa kirim
paket, hanya Pos Indonesia yang mampu mencuri hati kami. Mengapa? Karena waktu
kirim dan pelayanan kurir yang menyenangkan. Bila secara teori sih ini
dinamakan pelayanan prima, yakni pelayanan yang dapat diartikan pelayanan
sempurna.
Beberapa kali kami menggunakan
jasa ekspedisi Pos Indonesia, dan barang dapat diterima dalam waktu satu hari
(dari Karawang ke Bandung Barat dan dari Brebes ke Bandung Barat). Kendati
barang beberapa kali dititipkan, namun penitipan tersebut diserahkan pada ketua
RT kami, sehingga tanggung jawab moral menjadi lebih jelas bila terjadi sesuatu
misal paket hilang.
Harganya memang kompetitif,
artinya tidak begitu murah dan tidak begitu mahal, namun dari pelayanan, kami
dapat rasakan bawha Pos Indonesia lah yang unggul. Untuk itu bila kami mengirim
barang secara personal tanpa ikatan situs jual beli, kami lebih percayakan
pengiriman via Pos Indonesia.
Nah mungkin artikel ini sangat
subjektif, namun ini murni dari penilaian kami yang menggunakan jasa ekspedisi
secara beberapa kali sehingga kami berusaha objektif kendati menggunakan rasa.
Sebetulnya kami juga sempat
menggunakan jasa ekspedisi lain, namun karena tidak sesering keempat jasa
ekspedisi yang kami ulas sebelumnya, maka kami tidak memasukan jasa ekspedisi
yang hanya satu kali kami pakai.
Nah artikel ini kami cukupkan
sampai disini, semoga bermanfaat bagi kalian. Bila ada yang ingin ditambahkan
silahkan kalian berkomentar untuk selanjutnya akan kami terima bila sesuai
dengan isi artikel. Akhir kata sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.