Arti COD dan PO

Konten [Tampil]

Arti COD dan PO


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai arti dari COD dan PO. Bagi sebagian orang yang senang atau tengah berjualan barang via online, mungkin artikel ini akan sangat bermanfaat.


Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang berbelanja bisa dengan mudah dilakukan lewat aplikasi smartphone. Sebut saja OLX, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, dan marketpleace lain yang senantiasa memberikan kemudahan berbelanja bagi penggunanya.

Nah dari aplikasi-aplikasi tersebut, banyak istilah yang disematkan yang bertujuan untuk memberikan informasi bagi penggunannya. Sebut saja COD dan PO yang sudah menjadi istilah yang lumrah dalam aplikasi-aplikasi tersebut.

Lalu apa arti dari kedua kata tersebut? mari kita bahas bersama.

COD

COD merupakan tiga buah kata yang terdiri dari cash on delivery yang bila kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah bayar dalam pengiriman. Maksudnya adalah barang akan dikirim terlebih dahulu oleh penjual dan pembayarannya dapat dilakukan ketika barang telah sampai kepada pembeli.

Pada era digdayanya berniaga.com serta tokobagus.com (sekarang olx.com), COD juga sering dimaknai oleh penggunannya sebagai cek on delivery, hal tersebut mengacu pada prosesnya yang mana sebelum dibeli, pembeli dan penjual akan bertemu untuk mengecek barangnya.

Bila deal maka akan dibeli, namun bila tidak deal maka tidak dibeli. Pada era itu, rekber masih belum lumrah, sehingga untuk membeli barang via media online, dilakukan cek on delivery yang mana proses pembayarannya masih terbilang manual.

Untuk era sekarang, COD begitu ngehit atau ngetren. Sampai-sampai para jasa ekspedisi pengiriman barang, menyediakan juga fitur atau jasa COD ini untuk para penjual barang via online.

Nah lanjut pada pada kata kedua yakni PO.

PO

 PO merupakan singkatan dari pre order atau bila dimaknai secara mentah artinya adalah sebelum order atau bahasa umumnya adalah pesan terlebih dahulu.  Maksudnya adalah ketika kita hendak membeli barang yang dilabeli PO, kita harus memberikan uang terlebih dahulu baik secara penuh maupun secara uang muka.

Pre order biasanya diperuntukan untuk barang yang ekslusif yang tidak diproduksi secara massal. Dengan membeli barang yang ditandai dengan PO, berarti kita setuju untuk menunggu waktu lebih lama ketimbang barang yang ready stock. Hal tersebut karena barang PO akan dibuat terlebih dahulu sebelum dikirimkan pada pembeli.

Jadi waktu yang diperlukan akan menjadi lebih lama. Sedikit saran saja, bila akan membeli barang yang PO, lebih baik gunakan aplikasi-aplikasi online shop yang telah kita sebutkan tadi di atas. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penipuan.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel