Unsur dan Bauran Pemasaran Menurut Ahli

Konten [Tampil]
Unsur dan Bauran Pemasaran Menurut Ahli


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel Icalan01. Kali ini kita akan membahas mengenai unsur dan  bauran pemasaran menurut ahli.


Dalam bukunya, Freddy Rangkuti (2016) mengklasifikasikan unsur-unsur pemasaran menjadi tiga unsur, yakni unsur strategi persaingan (meliputi segmentasi pasar, targeting, dan positioning), unsur taktik pemasaran (meliputi diferensiasi dan bauran pemasaran), serta unsur nilai pemasaran (meliputi merek atau brand, pelayanan atau service, serta proses). Definisi dari unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Segmentasi Pasar

Menurut Freddy Rangkuti (2016) segmentasi pasar adalah:

Segmentasi pasar adalah tindakan mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Masing-masing segmen konsumen ini memiliki karakteristik, kebutuhan produk, dan bauran pemasaran sendiri.

Sedangkan menurut Philip Kotler dalam M. Nur Rianto Al-Arif (2012) segmentasi pasar adalah:

Segmentasi pasar adalah proses pengelompokan ke dalam kelompok pembeli yang potensial yang memiliki kebutuhan yang  sama dan atau karakteristik yang disukai serta memperlihatkan hubungan pembelian yang sama.

Dan Syafruddin Chan (2003) menjelaskan bahwa:

Teori segmentasi pada disiplin ilmu marketing selalu berpijak pada premis bahwa tak ada satu pun perusahaan yang mampu melayani seluruh target market-nya dengan baik. Pasar pada dasarnya terlalu besar untuk dilayani sendiri. Di samping itu, kebutuhannya juga sangat bervariasi. Sehingga kadang kala pesaing kita bisa masuk dengan penawaran yang jauh lebih manarik daripada kita. Oleh sebab itu, kita harus bisa memilah-milah pasar yang akan kita layani. Inilah yang disebut segmentasi.

2. Targeting

Menurut Freddy Rangkuti (2016), targeting adalah suatu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Sedangkan menurut Herry Sutanto dan Khaerul Umam (2013):

Setelah melakukan segmenting (segmentasi pasar), bank syariah harus melakukan targeting. Targeting adalah langkah untuk menetapkan pasar sasaran (target market). Target market adalah sekumpulan nasabah yang akan dituju yang akan dilayani dengan program pemasaran tertentu.

3. Positioning

Freddy Rangkuti  (2016) mendefinisikan:

Positioning adalah penetapan posisi. Tujuan positioning ini adalah untuk membangun dan mengomunikasikan keunggulan bersaing produk yang ada di pasar ke dalam benak konsumen.

Sedangkan menurut Philip Kotler dalam M. Nur Rianto Al-Arif (2012), positioning adalah:

Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasaran. Positioning merupakan elemen yang sangat utama dalam suatu strategi pemasaran. Sebuah perusahaan dapat menentukan posisinya melalui persepsi pelanggan terhadap produknya dan produk pesaingnya sehingga akan dihasilkan peta persepsi. Dengan menggunakan informasi dari peta persepsi itu, dapat dikenali berbagai strategi penentuan posisi.

4. Diferensiasi

Menurut M. Nur Rianto Al-Arif (2012), diferensiasi adalah:

Diferensiasi produk adalah kegiatan memodifikasi agar menjadi lebih menarik. Diferensiasi ini memerlukan penelitian pasar yang cukup serius karena agar benar bisa benar-benar berbeda, diperlukan pengetahuan tentang produk pesaing. Diferensiasi produk ini biasanya hanya mengubah sedikit karakter produk, antaralain kemasan dan tema promosi tanpa mengubah spesifikasi fisik produk, meskipun itu diperbolehkan.

Evelyn dan Duke (2006) menjelaskan:

Ada banyak cara untuk melakukan diferensiasi. Ada faktor diferensiasi yang berwujud, seperti: harga, seleksi, persyaratan, dan jangka waktu antar. Ada faktor diferensiasi yang tidak berwujud, seperti kualitas layanan, keahliaan, citra, nilai, dan status.

5. Bauran Pemasaran

Kotler dalam M. Nur Rianto Al-Arif (2012) menyatakan:

Bauran pemasaran adalah perangkat alat pemasaran faktor yang dapat dikendalikan –product, price, promotions, place- yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaran.

Sedangkan Freddy Rangkuti (2016) menyatakan bahwa bauran pemasaran, yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang mengenai produk, harga, pasar, promosi dan tempat.

6. Merek atau Brand

Kamus Bahasa Indonesia mendefinisikan merek sebagai cap yang dipasang pada kemasan produk sebagai pengenal; kegagahan, keunggulan; mutu; kualitas. Namun, Zyman dan Miller (2002) menyatakan:

 Brandwidth bukan hanya nama yang elok. Itulah jalan elok harus dibangun dalam e-marketing: selapis demi selapis arti yang dihubungkan dengan masyarakat yang secara spesifik, dalam hubungan yang semakin lama semakin dalam.

Zyman dan Miller (2002) mendefinisikan merek sebagai:

Merek adalah steno dari zaman kita, secara instan mengomunikasikan ide total dari produk atau jasa Anda kepada banyak masyarakat sasaran, tetapi menyampaikan arti pribadi kepada setiap orang masing-masing pada waktu yang sama.

Evelyn dan Duke (2006) mendefinsikan branding sebagai upaya untuk menciptakan persepsi unik, serta ikatan emosional atau intelektual antara produk dan customer akhir. Secara spesifik, M. Nur Rianto Al-Arif (2012) tidak mendefinikan brand sama dengan merek karena brand memiliki makna yang lebih luas dibandingkan dengan merek. Menurut M. Nur Rianto Al-Arif (2012: 155), brand adalah:

Brand merupakan jaminan kualitas, asal-usul, dam performanya, yang dengan demikian meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan dan mengurangi risiko dan kompleksitasdalam keputusan membeli.

7. Pelayanan atau Service

Pelayanan atau service, yaitu nilai yang berkaitan dengan pemberian jasa pelayanan kepada konsumen. Kualitas pelayanan kepada konsumen ini perlu terus-menerus ditingkatkan (Freddy Rangkuti: 2016).

8. Proses

Freddy Rangkuti (2016) menyatakan:

Proses, yaitu nilai yang berkaitan dengan prinsip perusahaan untuk membuat setiap karyawan terlibat dan memiliki rasa tanggung jawab dalam proses memuaskan konsumen, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata sampai jumpa dan semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum.

Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel