Kampas Kopling Tebal dan Baru Kok Motor Masih Selip?
Jumat, 19 Juli 2019
Konten [Tampil]
Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami,
kali ini kita akan sedikit membahas mengenai kampas kopling yang boleh
dikatakan terbilang baru (3000 Km pemakaian) dan kampas kopling masih tebal namun
kenapa kok motor masih mengalami selip terutama ketika melakukan penarikan gas
secara spontan.
Usut punya usut, akhirnya kami
coba untuk membongkar kampas kopling tersebut pada bagian blok kopling sepeda
motor.
Setelah pertama kali membukanya,
sebetulnya kami sempat curiga ke elemen lain, karena setelah dicek, ternyata
kampas kopling masih terlihat tebal dan bagus. Karena hasil analisa itulah,
akhirnya kami hanya membersihkan saja kampas kopling beserta bagian penunjang
kopling lainnya.
Kampas dan plat kopling ditandai dengan panah merah |
Setelah beres memasang, pada awal
pemakaian motor menjadi lebih baik, terutama masalah kopling yang selip
ternyata berhasil diatasi.
Namun hal tersebut hanya
berlangsung selama beberapa hari tepatnya kurang dari dua hari, karena ternyata
motor kembali mengalami selip pada kopling.
Akhirnya kami pun kembali membongkar
dan mengecek kampas kopling. Dan setelah dibongkar, ternyata kampas kopling
masih terlihat bagus dan tebal. Akhirnya kami mencoba mengganti kampas kopling
dan sedikit membubut lawan kaki dan kaki empat pada rumah kopling agar
permukaannya rata.
Karena kampas kopling yang kami
cari langka dan nihil didapat, akhirnya kami hanya membubut lawan kaki dan kaki
empat saja untuk selanjutnya kami pasang kembali tanpa mengganti kampas
kopling.
Pada tahap ini, motor hanya
lancar selama satu hari. Karena setelah digunakan, motor kembali mengalami
selip kopling.
Akhirnya kami putuskan untuk
membeli kampas kopling dari situs belanja, kami memutuskan untuk membeli kampas
kopling alternatif yang serupa, karena ternyata pada situs belanja pun kampas
kopling yang kami cari ternyata sulit didapat.
Setelah selama dua hari menunggu
akhirnya kampas kopling datang dan kami pasang kampas kopling tersebut. Alhasil
motor kembali normal tanpa selip kopling yang berarti.
Nah bila kita telisik kronologi
di atas, tentu ada dari kita yang bertanya mengapa kampas kopling yang masih
tebal kok masih bisa membuat tunggangan kita mengalami selip?
Ternyata ada satu hal yang
menyebabkan kampas kopling tersebut mengalami selip. Hal tersebut adalah karena
bekas gesekan kampas yang ternyata malah membuat licin dan daya cengkram
berkurang.
Pada kampas kopling yang
berkualitas, biasanya hasil serpihan dari gesekan antara kampas kopling dan
plat kopling maupun rumah kopling akan berupa serbuk kampas yang kasar. Namun
pada kasus ini serpihan hasil gesekan kampas ternyata begitu halus dan
cenderung licin.
Pada kampas kopling bawaan
pabrikan motor, serpihan hasil gesekan kampas akan bersifat kasar dan kemudian
mudah terlepas dari kampas kopling, itu sebabnya saat kita ganti oli akan ada
serpihan logam dan sejenisnya.
Berbeda dengan serpihan dari
kampas kopling bawaan pabrik, ternyata yang kami bongkar kemarin lusa, serpihan
dari kampas kopling bersifat halus dan cenderung menempel pada kampas.
Setelah kami telusuri, ternyata
kampas kopling tersebut merupakan kampas kopling aftermarket yang harga perlima lebarnya kurang dari Rp. 40.000. Hmm
murah sekali bukan? Mengingat harga kampas kopling bawaan motor yang kami
bongkar kemarin lusa bisa berharga Rp.. 250.000.
Untuk itu bagi kita yang akan
mengganti kampas kopling, usahakan beli yang berkualitas agar terhindar dari
kerepotan dan kendala-kendala.
UPDATE: Bila artikel ini kurang membantu, silahkan baca artikel terbaru kami mengenai penyebab kopling motor slip pada artikel berikut.
Nah artikel ini kami akhiri,
semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.