Kampas Kopling Tebal dan Baru Kok Motor Masih Selip?

Konten [Tampil]

Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai kampas kopling yang boleh dikatakan terbilang baru (3000 Km pemakaian) dan kampas kopling masih tebal namun kenapa kok motor masih mengalami selip terutama ketika melakukan penarikan gas secara spontan.


Usut punya usut, akhirnya kami coba untuk membongkar kampas kopling tersebut pada bagian blok kopling sepeda motor.

Setelah pertama kali membukanya, sebetulnya kami sempat curiga ke elemen lain, karena setelah dicek, ternyata kampas kopling masih terlihat tebal dan bagus. Karena hasil analisa itulah, akhirnya kami hanya membersihkan saja kampas kopling beserta bagian penunjang kopling lainnya.

penyebab Kampas Kopling Tebal dan Baru tetap membuat motor selip
Kampas dan plat kopling ditandai dengan panah merah


Setelah beres memasang, pada awal pemakaian motor menjadi lebih baik, terutama masalah kopling yang selip ternyata berhasil diatasi.

Namun hal tersebut hanya berlangsung selama beberapa hari tepatnya kurang dari dua hari, karena ternyata motor kembali mengalami selip pada kopling.

Akhirnya kami pun kembali membongkar dan mengecek kampas kopling. Dan setelah dibongkar, ternyata kampas kopling masih terlihat bagus dan tebal. Akhirnya kami mencoba mengganti kampas kopling dan sedikit membubut lawan kaki dan kaki empat pada rumah kopling agar permukaannya rata.

Karena kampas kopling yang kami cari langka dan nihil didapat, akhirnya kami hanya membubut lawan kaki dan kaki empat saja untuk selanjutnya kami pasang kembali tanpa mengganti kampas kopling.

Pada tahap ini, motor hanya lancar selama satu hari. Karena setelah digunakan, motor kembali mengalami selip kopling.

Akhirnya kami putuskan untuk membeli kampas kopling dari situs belanja, kami memutuskan untuk membeli kampas kopling alternatif yang serupa, karena ternyata pada situs belanja pun kampas kopling yang kami cari ternyata sulit didapat.

Setelah selama dua hari menunggu akhirnya kampas kopling datang dan kami pasang kampas kopling tersebut. Alhasil motor kembali normal tanpa selip kopling yang berarti.

Nah bila kita telisik kronologi di atas, tentu ada dari kita yang bertanya mengapa kampas kopling yang masih tebal kok masih bisa membuat tunggangan kita mengalami selip?

Ternyata ada satu hal yang menyebabkan kampas kopling tersebut mengalami selip. Hal tersebut adalah karena bekas gesekan kampas yang ternyata malah membuat licin dan daya cengkram berkurang.

Pada kampas kopling yang berkualitas, biasanya hasil serpihan dari gesekan antara kampas kopling dan plat kopling maupun rumah kopling akan berupa serbuk kampas yang kasar. Namun pada kasus ini serpihan hasil gesekan kampas ternyata begitu halus dan cenderung licin.

Pada kampas kopling bawaan pabrikan motor, serpihan hasil gesekan kampas akan bersifat kasar dan kemudian mudah terlepas dari kampas kopling, itu sebabnya saat kita ganti oli akan ada serpihan logam dan sejenisnya.

Berbeda dengan serpihan dari kampas kopling bawaan pabrik, ternyata yang kami bongkar kemarin lusa, serpihan dari kampas kopling bersifat halus dan cenderung menempel pada kampas.

Setelah kami telusuri, ternyata kampas kopling tersebut merupakan kampas kopling aftermarket yang harga perlima lebarnya kurang dari Rp. 40.000. Hmm murah sekali bukan? Mengingat harga kampas kopling bawaan motor yang kami bongkar kemarin lusa bisa berharga Rp.. 250.000.

Untuk itu bagi kita yang akan mengganti kampas kopling, usahakan beli yang berkualitas agar terhindar dari kerepotan dan kendala-kendala.

UPDATE: Bila artikel ini kurang membantu, silahkan baca artikel terbaru kami mengenai penyebab kopling motor slip pada artikel berikut.
Nah artikel ini kami akhiri, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel