Cara Membuka Baut Tutup Minyak Rem Yang Slek Pada Motor Tanpa Obeng Ketok

Konten [Tampil]


cara membuka baut slek pada tutup miyak rem yang slek tanpa obeng ketok
Ilustrasi
Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas tips atau trik untuk membuka baut yang slek pada tutup cup minyak rem di sepeda motor tanpa menggunakan obeng ketok. Nah mungkin sudah banyak yang tahu bahwa wadah minyak rem pada motor rata-rata menyatu dengan master rem. Dan minyak rem dikurung pada cup minyak rem dengan tutup yang diikat dengan dua buah baut yang diletakan menyilang.


Sekilas memang tampak mudah membuka baut pada tutup minyak rem pada motor standart bawaan pabrik. Namun justrul pada beberapa kesempatan, baut ini merupakan baut yang sering mengalami slek. Pada bengkel motor tidak resmi, biasanya untuk membukanya langsung menggunakan obeng ketok yang tak jarang malah merusak grip pada kepala baut (ukuran mata obeng yang tidak sesuai).

Nah selain karena itu, ketika kita menggunakan obeng biasa pun, baut pada tutup minyak rem sering kali mengalami slek karena biasanya kepala obeng pada umunya lebih kecil (karena meruncing) dari pada ukuran grip pada baut di tutup minyak rem.

Sebetulnya penyebab utama baut pada tutup minyak rem menjadi slek adalah karena torsi pada baut yang cenderung besar karena terkena karat. Baut pada tutup minyak rem rawan sekali terkena karat karena sering terkena air. Ketika baut ini mengalami pengkaratan, maka tentunya baut akan susah terbuka. Selain itu hal yang mengkhatirkan adalah ketika karat tersebut masuk ke minyak rem dan menyumbat saluran minyak menuju master rem (dapat menyebabkan pengereman menjadi tidak sempurna).

Bila kalian sudah mengalami baut pada tutup minyak rem yang slek atau kalian ingin berjaga-jaga agar terhindar dari slek, maka kalian bisa ikuti tips atau trik dari kami. Yang perlu kalian siapkan adalah majun atau lap, palu, obeng min, dan obeng plus (bila kalian memiliki obeng ketok maka tinggal pakai saja obeng ketok, dan beres).

Karena kita tidak menggunakan obeng ketok, maka kita gunakan saja alat yang ada. Hal yang perlu kita lakukan pertama kali adalah memukul-mukul kepala baut yang slek dengan obeng plus (pukul dengan intensitas sedang). Langkah pertama tadi adalah untuk sedikit merontokan kerak karat pada baut. Kemudian setelah beres, langkah selanjutnya adalah menyiapkan obeng min kemudian pukul area bawah tutup minyak rem yang memiliki ruang lebih luas (silahkan lihat gambar di bawah).

cara membuka baut slek pada tutup minyak rem yang slek
Pukul dengan obeng dan palu pada bagian itu


Sebelum memukul, kalian bisa menutupi area yang akan dipukul dengan majun atau lap untuk meminimalisir lecet. Pukul bagian tersebut dengan intensitas sedang. Setelah dirasa cukup, lanjut memutar kepala baut dengan obeng plus, ketika karat sudah mulai rontok, biasanya baut akan dengan mudah terbuka. Bila belum berhasil, lakukan kembali langkah kedua.

Bila pada wadah minyak rem terdapat karat yang menumpuk, ada baiknya untuk sekalian dilakukan pengurasan pada minyak rem.
Nah artikel ini kami cukupkan samapi disini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel