Perbedaan Suara Hasil Taking dan Mixing

Konten [Tampil]
Taking dan Mixing
Ilustrasi

Assalamu'alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mngenai "Perbedaan Suara Hasil Taking dan Mixing", pembahasan ini kami buat karena kebetulan masih banyak dari pelanggan kami yang ingin melakukan rekaman yang masih bingug dengan kedua hal tersebut. dan karena hari ini kebetulan ada yang melakukan proyek dengan kami, maka sekalian saja kami bahas hal tersebut.

Taking, berasal dari kata take yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berartikan ambil. Ini adalah proses dasar yang mana hal yang dilakukan hanyalah mengambil suara dari instrumen perangkat keras seperti gitar dan microphone menuju perangkat lunak pencatat audio suara. Dalam proses ini suara yang dihasilkan sangat atau masih natural dan belum dilakukan proses editing. Sehingga suaranya dapat dibilang masih kurng enak untuk didengar. Agar suaranya dapat lebih nyaman di kuping, maka kita harus masuk pada tahap selanjutnya yakni mixing.

Mixing, berasal dari Bahasa Inggris yang apabila diterjemahkan berartikan mencampur. Dalam proses ini, musik akan dicampur berdasarkan jalur suara agar tetap enak didengar ketika dicampurkan dengan banyak suara. Dalam proses inilah terjadi banyak proses editing seperti cuting, balancing, dan hal lain yang bertujuan untuk membuat suara hasil rekaman menjadi lebih enak untuk didengar dan rapih.

Setelah tahap mixing, masih ada tahap terakhir yang dinamakan mastering. Namun dalam pembahasan ini, kita hanya akan membahas mengenai taking dan mixing saja. Untuk mastering, secara khusus akan dibahas dalam artikel selanjutnya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat video kami terlebih dahulu pada lampiran di bawah.


Nah atikel ini kami cukupkan sampai disini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu'alaikum.
Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel