Senar Gitar Tidak Bunyi (Gitar Listrik Problem)

Konten [Tampil]


Asalamu'alaikum, tanpa basa basi saya ingin langsung tanya. Pernahkah agan mengalami masalah ketika gitar listrik kesayangan agan senarnya mati atau gak bunyi? biasanya sih di senar 1-3. Bila pernah kasian deh lu!!! hehe vizzzz. Bila pernah maka dalam artikel ini saya akan membahasnya secara singkat.
Bila mendengr dari aduan para gitaris yang curhat ke saya rata-rata merka mengalami dead sound ketika sesudah mengganti senar, dan hal ini terjadi pada gitar listrik yang mengganti senar dengan senar yang ukurannya sudah stadart dari pack senar (sepaket ukurannya).
Nah, bila maslahnya pada senar maka solusinya adalah dengan menggunakan senar dengan yang cocok dengan pick up. Saya sarankan bila agan pernah mengalami dead sound untuk kedepannya usahakan jangan membeli senar secara pack, apalagi yang kw, karena tau sendiri lah yang kw gimana.
Lalu bagaimana cara memilih senar yang cocok dengan pick up agan? jawabannya adalah dengan menggantinya dengan ukuran yang lebih besar atau kecil, pada kebanyakan kasus dead sound pada gitar terjadi karena ukuran senar yang kecil sehigga pick up tidak mampu menangkap gelombang yang dihasilakan oleh senar, walaupun ada juga yang dead sound karena senarnya besar, adapun alasan karena senarnya berukuran besar adalah karena bahannya yang bukan logam yang bisa merambatkan bunyi lewat gelombang magnet.




Selain karena senar, pick up juga berpengaruh. Salah satu faktor adalah posisi pick up yang jauh dari senar, solusinya adalah dengan mengatur jarah pick up dengan senar, bisa lewat senarnya atau via pick upnya. Adapun masalah lain terdapat pada wiring gitar yang asal-asalan sehingga terjadi koslet pada arus magnet pick up.
  •  Jadi kesimpulannya adalah bila agan mengalami dead sound pada gitar agan (baik bekas atau baru) ketika mengganti senar, maka hal bijak adalah dengan mengganti senar dengan ukuran yang sama dan dengan bahan yang sama ketika senar belum diganti, langkah mudahnya bila dirasa senar kecil (0.08 Family) maka ganti dengan ukuran (0.09) dan untuk langkah aman jika ingin membeli senar dengan packing menyusun, maka beli yang ukuran 0.09 family.
  • Jika dead sound karena bukan senar, bisa jadi karena faktor pick up yang jaraknya jauh dengan senar, atau karena wiringnya ngaco, walau untuk penyebab yang ini sangat jarang terjadi. Jadi patokannya tetap mengacu pada si senar yah.
Sekian artikel pendek ini, semoga bermanfaat.



Bagikan Ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel